Mencari Lowongan Pekerjaan Lewat Koran Atau Internet

Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah, namun saya percaya banyak susahnya ketimbang gampangnya. Walua sekolah tinggi dan nilai bagus belum tentu bisa memberi jaminan untuk mudah mendapatkan pekerjaan, meskipun hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kantor/ perusahaan. Kecuali bagi mereka yang punya koneksi, karena bila sudah bicara soal koneksi, pertimbangannya bukan lagi nilai atau kecakapan.

Saat ini sudah banyak media yang menayangkan lowongan pekerjaan, baik itu media catak maupun elektronik. Hampir setiap hari di koran ada iklan yang memuat lowongan pekerjaan, dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Media elektronik juga demikian, meski tak sering, namun sesekali juga menayangkan iklan lowongan pekerjaan. Dan yang paling mudah diakses dan sangat banyak menyediakan iklan lowongan pekerjaan adalah internet.

Menurut pengalaman saya, untuk berita atau iklan lowongan pekerjaan di koran paling banyak iklannya adalah koran terbitan hari Sabtu. Pada hari biasa iklan lowongan pekerjaan pasti ada di koran, namun dari segi jumlah tak sebanyak koran terbitan hari Sabtu. Pada koran terbitan hari sabtu biasanya disediakan beberapa halaman khusus untuk memuat iklan dan tentu saja lowongan pekerjaan. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang menyelipkan iklan lowongan pekerjan mereka pada halaman utama.

Kalau misalnya ingin yang lebih mudah dan banyak, saat ini internet menjadi pilihan yang tepat. Sekarang sudah banyak portal, website atau blog lowongan pekerjaan. Biasanya portal lowongan pekerjaan selalu update dan kita juga bisa berlangganan via email untuk mengetahui lowongan terbaru, bahkan bisa menyesuaikan dengan pendidikan/ keahlian kita. Kalau ingin lebih mudah, tinggal mencari di google dengan kata kunci yang kita inginkan.

Kalau saya sendiri memlilih koran sebagai media untuk mencari iklan lowongan pekerjaan, karena lebih enak dibaca, dan juga diarsipkan. Untuk koran lokal biasanya pemasang iklan lowongan pekerjaan kebanyakan juga wilayah lokal, dan ada juga yang nasional. Biar lebih banyak referensi, koran dan internet bisa dicoba semua, siapa tahu dengan kompilasi tersebut kita bisa menemukan lowongan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Poskan Komentar