Fungsi Darah, Jenis Penyakit Karena Kelainan Pada Darah, Golongan Darah Manusia

Fungsi Darah Pada Manusia

Pada umumnya di dalam metabolisme tubuh manusia, darah mempunyai fungsi sebagai alat pengangkut (pengedar), pengatur suhu tubuh, dan juga untuk pertahan tubuh. Berikut ini fungsi darah pada manusia:

1. Pengedar sari-sari makanan ke seluruh tubuh.
  • Sari-sari makanan yang di edarkanoleh darah secara langsung dari usus adalah air, vitamin, dan mineral.
  • Sari-sari darah yang di edarkan oleh darah secara tidak langsung dari usus adalah protein dan karbohidrat.
  • Darah mengangkut karbohidrat dan protein dari darah ke hati.
  • Di hati, karbohidrat dan protein di olah kembali sesuai dengan kebutuhan, dan hasil dari olahan tersebut di edarkan oleh darah ke jaringan tubuh yang membutuhkan.

2. Pengedar Oksigen (O2).
  • Oksigen yang di hirup manusia pada saat bernafas di ikat oleh darah (hemoglobin), hemogblobin mengikat oksigen di dalam paru-paru. Dari paru-paru kemudian darah mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Hemoglobin juga mempunyai kemampuan untuk mengikat karbon dioksida (CO2) diikat oleh darah dari semua jaringan tubuh dan dibawa ke paru-paru. Lalu, dari paru-paru karbon dioksida di lepaskan keluar tubuh pada saat manusia menghembuskan nafas.

Penyakit Yang Timbul Karena Kelainan Pada Darah

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang timbul karena adanya kelainan pada darah:
  • Anemia. Merupakan jenis penyakit yang di timbulkan karena kekurangan darah (sel darah merah/eritrosit).
  • Leukemia (kanker darah). Merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan karena kelebihan sel darah putih (leukosit) atau dengan kata lain jumlah sel darah putih terlalu banyak.
  • Hemofilia. Merupakan jenis penyakit keturunan yang disebabkan karena kekurangan plasma darah (plasma darah berproduksi dibawah standar), sehingga jika tejadi luka kecil, maka luka tersebut akan terus menerus mengalami pendarahan (terus mengalirkan darah).
  • Leucoponia. Merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan karena kekuranga sel darah putih (leukosit).
  • Polygloboli. Merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan karena jumlah sel darah merah (eritrosit) terlalu banyak.
 

Golongan Darah Manusia

Sebagai tambahan informasi, golongan darah ada A, B, AB, dan O. Sedangkan urainnya adalah seperti berikut:
  1. Golongan Darah A : Orang yang mempunyai golongan darah A dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah A dan O. Dan golongan darah A dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah A dan AB.

  2. Golongan Darah B: Orang yang mempunyai golongan darah B dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah B dan O. Dan golongan darah B dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah B dan AB.

  3. Golongan Darah AB: Orang yang mempunyai golongan darah AB dapat menerima darah dari semua golongan darah yang lain (A, B, AB, dan O). Dan golongan darah AB dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah AB.

  4. Golongan Darah O: Orang yang mempunyai golongan darah O dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah O. Dan golongan darah O dapat diberikan kepada semua jenis golongan darah (orang yang memiliki golongan darah A, B, AB dan O).

Posting Komentar