Lagu Tentang Orang Yang Sedang Jatuh Cinta Dalam Bahasa Jawa

Saat orang jatuh cinta, terkadang banyak hal yang bisa dilakukan, karena saat orang sedang merasakan jatuh cinta, terkadang rasa dalam hati meluap-luap. Hal-hal yang terkadang dilakukan diantaranya menulis puisi atau menulis lirik untuk kemudian dijadikan sebuah lagu. Lagu cinta banyak kita dengarkan, baik dalam bahasa Indonesia, bahasa asing, atau dalam bahasa daerah.
Lagu Tentang Orang Yang Sedang Jatuh Cinta Dalam Bahasa Jawa
Wuyung
Menghayati sebuah lagu terkadang mampu memberikan sebuah pemahaman yang lebih terhadap perasaan lewat kata-kata. Lirik-lirik yang terangkai mempunyai makna dalam, ditambah lagu iringan nada yang indah, semua mampu memberikan arti yang lebih terhadap makna perasaan. Betapa kedalaman lirik mampu dipadukan dengan musik yang enak didengarkan. Salah satu lagu dalam bahasa jawa tentang perasaan orang yang sedang jatuh cinta adalah 'Wuyung'.

Wuyung sendiri dalam bahasa Indonesia kurang lebih bermakna jatuh cinta. Seperti berikut ini lirik lagunya:
Laraning lara
Ora kaya wong kang nandhang wuyung
Mangan ra doyan
Ra jenak dolan nèng omah bingung


Mung kudu weruh
woting ati duh kusuma ayu
Apa ra trenyuh
sawangen iki awakku sing kuru

Klapa mudha leganana nggonku nandhang branta
Witing pari dimèn mari nggonku lara ati
Aduh nyawa

Duh duh kusuma
Pa ra krasa apa pancen téga
Mbok mbalung janur
Paring usada mring kang nandhang wuyung
Bagi Anda yang bisa berbahasa jawa, saya pikir sedikit banyak Anda mengerti arti dari tiap penggalan katanya. Begitu dalam perasaan orang yang sedang jatuh cinta, sehingga lagu cinta dalam versi apapun (menurut saya) mampu melarutkan perasaan pendengar dan pelantunnya. Orang yang sedang jatuh cinta itu 'sakit', tidak doyan makan, main tidak enak, selalu ingin bertemu, kurang lebih demikian gambaran dari orang jatuh cinta versi lagu wuyung. Ah, cinta...

Posting Komentar