Pengertian Iklim, Cuaca dan Iklim Di Indonesia

Istilah iklim dan cuaca merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kita, walaupun terkadang ada yang rancu dalam memahaminya, namun yang pasti kedua istilah tersebut berbeda pengertiannya. Untul lebih jelasnya berikut ini saya sampaikan mengenai pengertian cuaca dan iklim.
iklim dan cuaca /  gambar: kidnesia.com
Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja dan mudah untuk diprediksi. Ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang cuaca disebut meteorologi.

Iklim merupakan keadaan rata-rata dari cuaca di suatu daerah dalam periode tertentu. Adapun faktor yang mempengaruhi keadaan iklim antara lain suhu, kelembaban, curah hujan, angin dan penyinaran matahari. Ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang iklim disebut klimatologi.

Iklim yang berada di Indonesia terdiri dari tiga, yaitu, iklim tropika (iklim panas), iklim musim (muson), dan iklim laut.
  1. Iklim Laut. Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar tanah daratan di Indonesia dikelilingi oleh laut atau samudera. Itulah kenapa di Indonesia terdapat iklim laut. Iklim Laut sendiri bersifat lembab dan banyak mendatangkan hujan.

  2. Iklim Tropika (Iklim Panas). Letak Indonesia yang berada disekitar garis khatulistiwa, mengakibatkan Indonesia menjadi daerah tropika (panas). Iklim tropika (panas) mengakibatkan banyak hujan, atau biasa disebut dengan hujan naik tropika.

  3. Iklim Musim (Iklim Muson). Pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali mengakibatkan terjadinya iklim ini. Di Indonesia, angin musim terdiri atas angin musim barat daya dan angin musim timur laut.
  • Angin Musim Barat Daya, bersifat basah, bertiup antara bulan Oktober sampai dengan April. Biasanya, pada bulan-bulan tersebut Indonesia mengalami musim penghujan.

  • Angin Musin Timur Laut, bersifat kering, bertiup antara bulan April sampai dengan Oktober. Biasanya, pada bulan-bulan tersebut di Indonesia mengalami musim kemarau.
Demikian uraian singkat mengenai pengertian iklim, pengertian cuaca, dan macam iklim yang ada di indonesia, semoga bermanfaat.

Posting Komentar