Pencemaran Air Dan Kebutuhan Makhluk Hidup

Tak dipungkiri bahwa air merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, karena semua makhluk hidup pastilah membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Atau dengan kata lain bahwa makhluk hidup sangat bergantung pada ketersediaan air, misal:
  • Untuk mencukupi setiap kebutuhannya, manusia pasti membutuhkan air, contohnya: untuk minum, mandi, memasak, mencuci, dan masih banyak yang lainnya.
  • Untuk mengangkut zat makanan dari tanah kedalam tubuh, tentunya tumbuh-tumbuhan membutuhkan air, karena jika tumbuhan tersebut tidak mendapatkan air atau kekurangan air maka tumbuhan tersebut akan menjadi layu, kering, dan mati.
  • Untuk minum atau mandi, tentunya binatang membutuhkan air.
Untuk mendapatkan air, ada banyak sumber, bisa di dapat dari sungai, danau, air hujan, air laut, air tanah, dan masih banyak lagi sumber untuk memperoleh air yang lainnya.
Namun saat ini sudah semakin banyak sumber air yang tercemar. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Menurut wikipedia, pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, daiantaranya adalah:
  • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
  • Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
  • Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
  • Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum
  • Pencemaran air oleh sampah
  • Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
Nah, dengan semakin sulitnya memperoleh sumber air yang bebas dari pencemaran tentunya semakin sulit, oleh karena itu butuh kesadaran dan usaha bersama agar pencemaran air bisa teratasi dan tidak meluas, karena memang air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi makhluk hidup.

Posting Komentar