Pengertian Magnet, Cara Membuat Magnet, Dan Sifat Magnet

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sudah mengenal magnet, minimal kita sudah pernah mendengar namanya, atau bahkan sudah sering melihatnya, karena memang magnet mudah untuk di jumpai. Waktu di bangku sekolah, pada pelajaran IPA (fisika) ada bab khusus yang membahas mengenai magnet. Dari referensi yang saya baca, pengertian, cara membuat, dan sifat magnet dapat diuraikan sebagai berikut:

Pengertian Magnet

Kata magnet sendiri berasal dari Magnesia, yang merupakan nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki). Di daerah Magnesia inilah orang pertama kali menemukan batuan yang dapat menarik besi, lalu orang menamakan batuan itu dengan nama magnet.
Pengertian Magnet, Cara Membuat Magnet, Dan Sifat Magnet
Magnet
Magnet terdiri dari dua kutub, yaitu kutub utara (north/N) dan kutub selatan (south/S). Sedangkan jenis magnet sendiri terdiri dari magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam adalah magnet yag sudah memiliki sifat magnet dari semula dan bukan hasil dari buatan manusia. Sedangkan magnet buatan adalah magnet yang merupakan hasil dari buatan manusia dari bahan besi atau baja, biasanya berbentuk silinder, batang, lingkaran, batang, ladam, jarum, dan lain sebagainya. Magnet buatan biasanya di perjual belikan secara bebas.

Cara Membuat Magnet

Untuk membuat magnet, bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
  1. Dengan jalan penggosokan (cara gosokan) : Dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan besi dan baja dengan kutub sebuah magnet. Semakin banyak gosokan yang dilaukan akan semain kuat pula sifat kemagnetan yang dimiki besi atau baja tersebut.
  2. Induksi: Dilakukan dengan jalan mendekatkan sebuah magnet pada benda yang hendak dijadikan megnet.
  3. Elektromagnetik (cara aliran listrik: Dilakukan dengan jalan mengalirkan arus listrik, karena arus listrik bisa menimbulkan medan magnet.
Sifat Magnet

Sifat magnet adalah tarik menarik apabila didekatkan dua buah magnet yang tidak sejenis, dan akan tolak menolak apabila didekatkan dua buah magnet yang sejenis. Selain itu, sifat magnet yang lainnya adalah garis gaya magnet akan mengalir dari kutub selatan ke kutub utara melalui medan magnet.

Untuk menghilangkan sifat kemagnetan bisa di lakukan dengan cara di bakar, di banting-banting, magnet diletakkan pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC), dan bisa juga dengan cara di pukul-pukul.

Demikian seikit ulasan mengenai pengertian, cara membuat, dan sifat magnet. Bila dirasa pembahasan diatas kurang, Anda bisa mencari referensi tambahan untuk memperkaya pengetahuan tentang magnet. Semoga bermanfaat.

Poskan Komentar