Tips Menggunakan Ponsel/HP Saat Mudik

Ponsel/HP merupakan kebutuhan yang mungkin saja sudah merupakan kebutuhan pokok untuk sekarang ini. Harga ponsel yang bervariasi memberi banyak pilihan bagi konsumen untuk dapat membelinya. Namun sayangnya banyak yang ceroboh dalam menggunakan ponsel, terutama bagi mereka yang sedang berkendara di jalan raya, sehingga banyak terjadi kecelakaan akibat menggunakan ponsel saat berkendara.
Bagi Anda yang hendak mudik, berikut ini tips menggunaka ponsel saat mudik yang saya kutip dari suplemen lebaran harian Suara Merdeka terbitan 14/8:
  1. Tak Perlu Sesumbar Sampaikan Mudik. Kebiasaan memposting kegiatan saat mudik menggunakan ponsel dalam layanan facebook dan twitter, sebaiknya dihindari. Apalagi menyebarkan informasi bisa seluruh keluarga pergi sehingga rumah kosong. Informasi pribadi tersebut tanpa disadari mengundang ratusan orang asing mengintai. Ketika tahu tidak ada sati orang pun, rumah Anda bisa menjadi sarang maling.
  2. Mengisi Pulsa Jauh-jauh Hari. Pengalaman mudik sebelumnya ketika kehabisan pulas, komunikasi menjadi terhambat. Saat lebaran banyak agen dan galeri yang tutup sehingga tidak menjual pulsa. Belum lagi saat membeli, pulsa tidak masuk karena jaringan tidak bekerja dengan baik.
  3. Catat Nomor Telepon Penting. Jalan lupa sebelum mudik untuk menyimpan nomor telepon penting seperti kepolisian, bengkel terdekat, rumah sakit, dan lainnya. kadang ketika mengadakan perjalan, pemudik membutuhkan telepon penting itu. Untuk mendapatkan nomor telepon penting itu bisa diperoleh dari surat kabar atau internet.
  4. Siapkan Headset. Headset sangat penting ketika mudik menggunakan sepeda motor atau mobil, sehingga perjalanan tidak terganggu. Jangan sekali-kali sambil berkendara menulis atau menerima pesan SMS. Aturan lalu lintas melarang dan memberi hukuman bila sambil berkendara menggunakan ponsel baik untuk telepon atau SMS.
  5. Hemat Gunakan Baterai Smartphone. Penggunaan fungsi-fungsi di smartphone yang berlebihan membuat baterai cepat habis. Untuk itu sebaiknya mengurangi penggunaan fitur yang ada dan tidak diperlukan. Seperti Ei-Fi, bluetooth, GPS, fitur getar, dll. Kemudian siapkan perangkat traveling charger baterai yang mudah digunakan. Seperti pengisian baterai melalui USB yang tersedia di mobil atau laptop. Kemudian tidak banyak men-download atau upload dari internet.

Poskan Komentar