4 Tips Sederhana Agar Puasa Lancar Dan Tetap Sehat

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Selama satu bulan penuh kamum muslim menjalankan ibadah puasa. Saat menjalankan puasa tentunya ada saja godaan yang mungkin mengganggu kelancaran puasa. Tentu saja kita tidak ingin puasa kita terganggu, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kita terapkan agar puasa berjalan lancar:

1. Jangan lewatkan santap sahur

Terkadang kita mengabaikan untuk bersantap sahur, mungkin karena malas bangun, merasa masih kenyang, ketiduran, atau karena sebab lainnya. Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selam 14 jam, oleh sebab itu santap sahur sangatlah penting.  Dalam menyediakan menu santap sahur, pilih menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan hindari makanan yang manis. Nasi, lauk, sayur, dan jangan lupa susu untuk membantu memnuhi kebutuhan energi.

2. Segerakan berbuka 

Jangan menunda-nunda waktu, jika sudah masuk waktu berbuka hendaknya bersegera berbuka puasa karena seharian berpuasa, tentunya energi banyak terkuras. Awalai berbuka dengan minuman dan makanan ringan yang berkadar gula cukup agar kadar gula darah kembali normal. Jangan terlalu "menuruti nafsu", makan secara bertahap, minumlah susu untuk melengkapi menu berbuka puasa agar tubuh kembali segar.

3. Konsumsi air yang cukup

Meski terkadang kurang diperhatikan, tapi konsumsi air yang cukup sangat penting bagi tubuh. Air diperlukan untuk membantu metabolisme tubuh, karena 60% tubuh manusia terdiri dari air. Bila sampai kekurangan cairan bisa-bisa tubuh menjadi lemas sehingga bisa mengganggu ibadah puasa. Oleh karenanya jangan sampai mengababaikan konsumsi air saat ibadah puasa.

4. Tetap berolahraga

Untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dan juga memelihara kesehatan, olah raga sangatlah penting dan diperlukan tubuh. Bukan berarti berpuasa lantas menghentikan kebiasaan berolah raga, karena saat berpuasa tetap bisa melakukan olah raga yang ringan. Kita bisa melakukan olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi agar peredaran darah tetap lancar dan fit beraktivitas. Dalam memilih waktu berolahraga, sebaiknya memilih waktu menjelang berbuka puasa.
Nah, demikian beberapa tips puasa agar lancar dan tetap sehat. Semoga puasa yang dijalani (puasa wajib atau sunnah) bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar