5 Cara Mudah Untuk Memilih Durian yang Rasanya Enak

Durian merupakan buah yang banyak sekali penggemarnya, maklum saja, karena rasa durian memang benar-benar nikmat. Jangankan rasanya, mencium baunya saja sudah bisa membayangkan betapa nikmatnya durian itu. Namun, untuk memilih durian yang rasanya benar-benar enak, kita harus pintar-pintar, sebab terkadang ada durian yang rasanya tak sebanding dengan baunya.

Cara Mudah Untuk Memilih Durian yang Rasanya Enak
Buah Durian
Nah, untuk memilih durian yang rasanya enak, ada beberapa trik atau cara yang dapat dilakukan untuk memilih durian yang rasanya enak. Seperti yang saya baca di www.tribunnews.com, berikut ini beberapa tips untuk memilih duran:

1. Jangan Lihat Fisik

Jangan mudah tergoda dengan warna durian, bentuk atau warna durian belum tentu mewakili rasa durian tersebut. Warna kuning belum tentu sudah matang, begitu juga warna hijau belum tentu masih mentah. Seperti kata Alan, pedagang durian yang di wawancarai oleh wwwtribunnews.com, durian yang tumbuh di indoenesia atau durian lokal yang berwarna hijau telah matang.

2. Bunyi Durian

Perhatikan bunyi durian saat memilih. Dengan memukul-mukul durian akan menimbulkan efek suara yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan enak tidaknya durian tersebut. Untuk durian yang siap makan bunyinya "mendem" atau dalam, dan bila saat dipukul berbunyi kencang maka kemungkinan durian tersebut masih mentah atau belum matang.

3. Tangkai Buah

Perhatikan tangkai durian, karena buah durian jatuh langsung dari pohon memiliki kualitas daging yang matang. Durian yang jatuh dari pohon memiliki kualitas yang baik, tapi bila dipaksa dipetik dari pohon maka kualitas durian tak sebaik bila jatuh langsung dari pohon. Bentuk tangkai yang tidak rata menunjukkan bahwa besar kemungkinan durian tersebut jatuh alami. Sedang bentuk tangkai yang halus maka besar kemungkinan durian tersebut dipotong dengan pisau.

4. Perhatikan Musim

Musim juga turut berpengaruh terhadap rasa durian. Saat musim kemarau rasa durian terasa lebih enak, sedang saat musim hujan bisa berpengaruh pada rasa karena biasanya daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik.

5. Aroma Durian

Perhatikan aroma durian, coba cium aroma durian dengan mendekatkan hidung dan hirup aromanya. Bila sudah tercium bau wangi durian, maka besar kemungkinan durian tersebut sudah matang. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus.

Nah, dengan beberapa tips atau trik diatas sekiranya dapat memberikan gambaran bagi kita untuk dapat memilih durian yang rasanya benar-benar enak. Namun, satu hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam membeli durian adalah terkait dengan harga, karena seperti diketahui untuk buah durian harganya relatif mahal, khususnya bagi golongan menengah kebawah. Jadi, karena harga yang relatif mahal tersebut jangan sampai kita salah pilih, pilih durian yang benar-benar rasanya enak.

Poskan Komentar