Tips/ Cara Agar Kreatifitas Terus Muncul/ Mengalir

Ide kreatif sangat dibutuhkan agar tidak monoton, karena bila monoton akan tertinggal dari perputaran jaman. Berbagai upaya dilakukan seseorang agar ide-ide segar mengalir dan melahirkan kreatifitas baru. Nah, berikut ini ada beberapa tips atau cara agar kreatifitas terus muncul atau mengalir, diantaranya adalah:
1. Masukkan ide segar secara berkala
Otak manusia butuh stimulasi. Dengan memberikan ide segar setiap hari maka memori manusia akan terangsang dan dapat menghadirkan ide serta pandangan baru. Lalu, bagaimana carana?. Agar dapat menghadirkan ide baru setiap hari, lakukan hal-hal yang baru setiap hari; membaca koran/ majalah yang lain dari biasanya, mendengarkan radio yang berbeda setiap hari, atau mengunjungi toko yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

2. Pelajari teknik baru
Jangan monoton. Pelajari teknik baru agar kreatifitas dapat meningkat secara berkala. Belajar dan terus asah dengan memperbanyak latihan. Cari referensi dari buku atau media lain yang berisi tentang peningkatan diri, dan coba praktekkan apa yang ada didalamnya.

3. Latih otak kanan
Sering mencatat dalam bentuk tulisan kurang begitu bermanfaat untuk menghasilkan ide bila tidak ditunjang gambar dan ingatan visual. Tingkatkan kepekaan kita akan hal-hal yang seperti gambar, simbol, bentuk dan warna. Hal-hal yang sifatnya visual biasanya dilakukan oleh otak kanan. Oleh karenya, otak kanan perlu diasah.

4. Gunakan asosiasi
Cari kata kunci untuk mengembangkan ide. Gambarkan atau tulis sebuah kata dan carilah hal-hal apa saja yang berhubungan dengan kata tersebut. Minta orang lain untuk melakukannya dan bandingkan hasil pemikiran kita dengan orang tersebut.

Posting Komentar