Resiko/ Konsekuensi Penggunaan Facebook (Sosial Media)

Pada tulisan kali ini sedikit saya ingin membahas tentang cerita mengenai facebook. Begitu banyak hal yang menarik dari situs jejaring sosial ini. Mulai dari isu penutupan, perhatian dari facebook, komentar, sampai hal menarik lainnya. Belum lagi adanya kasus-kasus yang berkaitan dengan jejaring sosial sekarang ini, karena beberapa orang harus berusrusan dengan hukum karena terjerat dengan UU ITE.
Dengan facebook orang bebas mengutarakan apa saja disini, curhat, menghujat, marah, sedih dan lain sebagainya. Tak jarang orang membuka aib mereka bahkan suami/kelurganya sendiri. Secara logika, orang harus siap menerima konsekuensi dari apa yang dia tulis pada statusnya. Namun anehnya, tak jarang orang yang kurang siap dan merasa dihakimi oleh komentar orang lain. Saya pernah menemukan orang yang marah ketika statusnya dikomentari oleh orang lain dan dia merasa tersinggung dengan komentar tersebut. Aneh bukan?.

Kalau saya jarang update status, paling buka-buka akun, share postingan blog, terus mengomentari kiriman orang lain. Dengan kemudahan yang diberikan, sebisa mungkin kita lebih bijak dalam menggunakan facebook, lebih hati-hati dan tidak mudah berbagi cerita, apalagi aib. Selain (harusnya) malu, hal itu juga bisa memalukan he.he..

Setiap pilihan hampir selalu diikuti dengan konsekuensinya, begitu juga dengan jejaring sosial facebook. Saat kita memutuskan untuk memiliki akun dan mulai aktif bersosialisasi dengan teman-teman, sebisa mungkin menjaga diri dan selalu siap dengan konsekuensi yang mengikuti pilihan kita.Perlu diingat, kita harus bijak dalam menggunakan akun jejaring sosial seperti facebook, jangan sampai lepas kontrol dan harus berurusan dengan hukum.

Posting Komentar