Pilih Menabung Di Bank Atau Celengan?

Menabung, barangkali sudah biasa dan sering kita mendengar istilah ini. Sejak kecil sudah sering diberi pengertian tentang manfaat dan pentingnya menabung, baik itu oleh orang tua maupun oleh guru di sekolahan. Kalau jaman sekolah SD dulu, kalau tidak menabung di sekolah biasanya menabung di celengan, kalau ada yang di tabung. Tapi kalau menabung dirumah, sebelum celengan penuh terkadang sudah diambil terlebih dahulu, entah itu dipecah celengannya atau diambil dengan penuh kesabaran dari lubang tempat memasukkan uang.
Pilih Menabung Di Bank Atau Celengan?
Celengan Ayam
Sedikit cerita, saat ini menabung terkesan begitu mudah, selain dirumah atau disekolah, bank juga sudah memberi kemudahan bagi anak-anak untuk menabung. Tapi menurut saya, akan lebih mudah mendidik anak-anak untuk menabung dengan memberi celengan, entah apapun bentuk celengan itu. Karena menurut saya, akan lebih mudah mengontrol dan tak perlu menunggu uang berjumlah banyak untuk sekedar menabung. 

Bandingkan saja dengan menabung di bank, tak mungkin anak menabung recehan ke bank, kecuali memang berjumlah banyak. Kalu di celengan?, uang berapapun bisa langsung ditabung dan tak perlu menunggu hari efektif bekerja, karena bank tidak buka pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya. Jadi, untuk anak-anak lebih efektif  menabung di celengan, bukan?.

Tapi ini hanya pendapat saya, secara prinsip menabung dimanapun tidak masalah, yang penting menabung dan ada yang ditabung. Soal di bank atau celengan, itu soal selera dan situasi kondisi masing-masing orang. Intinya bahwa menabung di bank dan di celengan mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sekarang tergantung dari masing-masing orang untuk memilihtempat dimana mereka akan menabungkan uangnya.

Poskan Komentar