HUT RI: Apakah Kita Sudah Benar-Benar Merdeka?

Tahun ini kemerdekaan Indonesia genap berusia 70 tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2015 nanti. Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 945, 70 tahun silam. Patut kita syukuri memang, berkat perjuangan  para pahlawan akhirnya Bangsa Indonesia bisa terbebas dari belenggu penjajahan. Namun, masih terbesit pertanyaan: Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.
Hal itu wajar, mengingat kondisi bangsa yang dirasa masih jauh dari yang diharapkan oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Kalau secara umum memang kita sudah merdeka, sudah tidak ada lagi penjajahan secara fisik oleh bangsa lain, tapi kalau dimakanai dengan kemerdekaan dalam artian yang lebih luas, Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.

Masing-masing orang tentunya berbeda dalam memaknai kemerdekaan, tolak ukurnya juga berlainan. Namun, 70 tahun bukanlah waktu yang pendek, jika melihat realita banyaknya pengangguran, tingginya angka kemiskinan, lepasnya Timor Leste menjadi negara merdeka, konflik didaerah, pertikaian antar suku, adanya kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI, tentunya hal ini menjadi sebuah koreksi, dan wajar jika masih ada yang mempertanyakan: Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.

Diluar konteks dinamika bernegara, patut kita bersyukur, berfikir positif untuk mengisi kemerdekaan ini. Memang tidak semua sesuai dengan harapan, masih banyak yang perlu diperbaiki dari Bangsa ini, tapi hal tersebut tidak harus dijadikan alasan untuk tidak peduli dengan bangsa ini. 

Para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tentu berharap bahwa anak cucu mereka akan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita isi kemeredekaan ini, berjuang dengan cara kita masing-masing. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA.

Posting Komentar