Pengertian/ Definisi Air Mineral, Air Demineral, AMDK, Air Baku

Bicara tentang air, tentu saja ada banyak jenis dan manfaat dari air yang ada disekitar kita. Air mineral, barangkali kita sudah tidak asing lagi dengan sebutan ini. Biasanya banyak yang terlanjur latah dengan menyebut air minum dalam kemasan dengan sebutan air mineral atau aqua, padahal aqua sendiri merupakan merek salah satu produk air minum dalam kemasan.
Air Mineral dalam kemasan
Tak mengapa, itulah kekuatan branding sebuah produk yang dapat menggiring mind set seseorang, dan ini bukti "keberhasilan" dari produk tersebut. Tapi, disini saya tak ingin membicarakan soal merek atau produk air mineral dalam kemasan, disini sedikit akan saya tuliskan mengenai perbedaan Air Mineral, Air Demineral, AMDK, Air Baku, dilihat dari pemaparan dalam SNI.

Air mineral dan air minum dalam kemasan sendiri punya perbedaan. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan air mineral, air minum dalam kemasan, dan yang lainnya, berikut ini pengertian/definisi air menurut SNI 01-3553-2006:
  1. Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) adalah air baku yang telah diproses, dikemas, dan aman diminum mencakup air mineral dan air demineral.
  2. Air Baku adalah air yang telah memenuhi persyaratan kualitas air bersih sesuai peraturan yang berlaku.
  3. Air Mineral adalah air minum dalam kemasan yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral.
  4. Air Demineral/Air Murni/Non Mineral adalah air minum dalam kemasan yang diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi, deionisasi, reverse osmosis dan proses setara. 
Nah, kiranya sudah bisa diketahui mengenai perbedaan masing-masing jenis air. Setelah memahami definisi dari masing-masing jenis air tentunya kita sudah dapat membedakan antara jenis air yang satu dengan yang lainnya, bukan?. Semoga bermanfaat.

Poskan Komentar