Peran R.A Kartini (Lirik Lagu: Ibu Kita Kartini)

Dalam catatan sejarah, di Indonesia pernah lahir seorang tokoh perempuan yang jasa-jasanya sungguh besar dan dikenang hingga saat ini. Tokoh emansipasi wanita yang terlahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Ya, beliau adalah Raden Ajeng Kartini atau ada juga yang menyebut beliau Raden Ayu Kartini. Namun, dalam penyebutan nama beliau biasa disingkat dengan R.A Kartini.
Peran R.A Kartini (Lirik Lagu: Ibu Kita Kartini)
R.A Kartini
Beliau merupakan anak dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A, dan istri dari Raden Adipati Joyodiningrat. R.A Kartini merupakan Pahlawan Nasional Indonesia ini wafat pada 17 September 1904, di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Untuk mengenang jasa beliau yang begitu besar, WR Supratman menciptakan sebuah lagu dengan judul Ibu Kita Kartini, lirik lagu tersebut adalah demikian:

Pencipta Lagu dan Lirik : WR Supratman

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Dengan lagu ini harapannya bukan hanya sebagai formalitas belaka, namun sebisa mungkin dijadikan penyemangat dan pengingat perjuangan beliau dalam memperjuangkan nasib kaum perempuan khususnya. Emansipasi wanita sampai saat ini merupakan peran beliau dalam memperjuangan nasib perempuan agar tidak hanya menjadi kaum minoritas.


Tak mengehrankan jika saat ini posisi perempuan tak lagi menjadi penting, banyak tokoh perempuan yang menduduki posisi penting dalam banyak bidang, termasuk dalam urusan kepala pemerintahan, dimana di Indonesia juga pernah memiliki seorang presiden perempuan Megawati Soekarno Putri.

Poskan Komentar