Pengertian Jalan Layang Dan Jalan Layang Penting Di Indonesia

Jalan Layang, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, sering kita dengar pemberitaan mengenai pembangunan maupun pro kontra perihal pembangunan jalan layang. Di kota-kota besar, jalan layang di bangun sebagai solusi untuk menghindari kemacetan dan permasalahan terkait kelancaran transportasi lainnya. Karena di kota besar seperti Jakarta, kemacetan merupakan permasalahan yang setiap hari menjadi permasalahan bagi warga.

Namun, tidak ada salahnya bila diketahui mengenai apa itu jalan layang. Berdasarkan wikipedia, pengertian jalan layang adalah sebagai berikut:
Jalan layang adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi.

Jalan layang merupakan perlengkapan jalan bebas hambatan untuk mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan kumuh yang sulit ataupun melalui kawasan rawa-rawa.
Pengertian Jalan Layang Dan Jalan Layang Penting Di Indonesia
Jalan layang di Jl. Janti, Yogyakarta
Di Indonesia sendiri ada beberapa jalan layang penting, diantaranya adalah:
  • Jalan tol Wijoto Wijono
  • Jalan layang Kiaracondong, Bandung
  • Akses jalan tol ke Bandara Juanda Surabaya
  • Jalan layang Ciputat
  • Jalan layang Cimindi, Bandung
  • Jalan layang Pasupati, Bandung
Nah, demikian sedikit mengenai jalan layang dan pengertiannya, serta beberapa jalan layang penting yang ada di Indonesia. Dengan semakin padatnya jalan raya saat ini, tidak menutup kemungkinan kedepan akan semakin banyak dibangun jalan layang, karena keberadaan jalan layang bisa menjadi alternatif pemecah arus dan mengatasi kemacetan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar