Jenis Gula ~ Arti Peribahasa Ada Gula Ada Semut

Dalam keseharian, tentu tak bisa dilepaskan dari makanan atau minuman yang berasa manis. Sumber dari rasa manis tersebut hampir kesemuanya merupakan dari bahan gula. Gula biasa digunakan untuk campuran membuat minuman, campuran dalam memasak, membuat kue, membuat permen, dan untuk keperluan lainnya.

Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi, dipergunakan untuk merubah rasa makanan atau minuman menjadi manis. Gula juga merupakan komoditi perdagangan utama, dipasaran paling banyak diperdagangkandalam bentuk kristal sukrosa padat.

Ada banyak jenis gula yang ada di pasaran, diantaranya gula pasir, gula tebu, gula caster, gula merah, gula coklat, gula turbinado, gula mutiara, dan gula demerara. Dari jenis gula ini, gula pasir merupakan jenis gula yang paling mudah ditemukan, karena memang gula pasir merupakan jenis gula yang paling disukai dan sering digunakan.

********

Gula, tentunya sudah tidak asing lagi, barang/benda yang manis rasanya. Semut tentu akan mengerubuti bila ada gula yang tercecer atau dibiarkan terbuka. Makanya ada peribahasa yang berbunyi ada gula ada semut.
Secara arti, peribahasa ada gula ada semut kuranglebih bermakna demikian: Dimana ada banyak kenikmatan, disitu banyak orang yang berdatangan. Namun, dari kutipan di wikiquote, ada gula ada semut di artikan berikut:
  1. beberapa hal di dunia ini amat sulit atau bahkan mustahil disembunyikan.
  2. beberapa hal di dunia ini selalu diikuti oleh konsekuensinya yang mustahil dihindari.
  3. dimana ada kebaikan pasti ada kejahatan.
Dari peribahasa tersebut bisa disimpulkan bahwa ada hukum sebab akibat dalam kehidupan sehari-hari, meskipun dalam memaknai atau pemahamannya bisa berbeda-beda.

*********

Baca juga: Minuman Tradisional Yang Bermanfaat Sebagai Obat
Perlu diingat bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan juga tidak baik karena bisa mengakibatkan penyakit. Terlalu banyak gula bisa merusak gigi, beresiko menimbulkan penyakit diabetes, dan beberapa jenis penyakit lain. Oleh karena itu, sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan yang manis-manis agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsi secukupnya saja. Demikian tadi jenis-jenis gula dan juga arti peribahasa ada gula ada semut. Semoga bermanfaat.

Poskan Komentar