Pengalaman Tidak Bisa Masuk Akun Google Adsense Karena Dianggap Mencurigakan

Kemarin saya mengalami kejadian tidak menyenangkan terkait dengan akses masuk dalam akun google pada umumnya dan adsense pada khususnya. Ceritanya kemarin saya mencoba melihat traffic adsense, sehingga seperti biasanya saya mengakses akun adsense lewat laptop. Sebelumnya saya tidak pernah mengalami permasalahan saat hendak masuk akun, paling cuma peringatan unuk memverifikasi nomor HP, dan biasanya saya abaikan.

Tapi, kemarin berbeda, saya dihadapkan pada persoalan terkait "tuduhan" bahwa cara masuk saya berbeda, begini bunyi pemberitahuannya:
Tampaknya cara masuk Anda agak berbeda. Selesaikan langkah-langkah dibawah ini agar kamu tahu bahwa ini adalah Anda dan bukan orang lain yang berpura-pura menjadi Anda.
Bagus sih, ini adalah upaya dari google untuk menjaga akun penggunanya agar lebih aman. Tapi, permasalahannya adalah saya lupa dengan email pemulihan dan nomor HP yang biat daftar dulu sudah tidak aktif. Soalnya untuk dapat masuk dalam akun tersebut saya harus menyelesaikan langkah-langkah verifikasi. Saya harus menerima dan memasukkan kode unik yang akan dikirim via SMS, padahal nomor HP tersebut sudah tidak aktif.
Pengalaman Tidak Bisa Masuk Akun Adsense Karena Dianggap Mencurigakan
Ada cara lain yang bisa digunakan untuk verifikasi, yaitu dengan menggunakan email pemulihan yang ditautkan ke akun google tersebut. Untuk yang satu ini saya juga lupa dengan email pemulihannya. Beberapa kali saya mencoba memasukkan beberapa email, siapa tahu itu email yang saya tautkan dalam akun adsense tersebut, tapi nyatanya tidak ada yang tepat.
Setelah beberapa waktu bingung dan mencari referensi pemecahan dari google tidak ketemu, akhirnya saya hanya mencoba-coba klik tautan yang ada. Sampai akhirnya saya mencoba tautan untuk mengganti password. Dari percobaan merubah password inilah saya mendapatkan solusi. Saya ganti password, dan akhirnya bisa masuk dalam profil google. Buru-buru saya edit profil, saya ganti nomor HP dan langsung saya verifikasi nomor tersbut. Email pemulihan juga saya ganti. Agar tidak terulang permasalahan yang sama, maka data-data yang sudah saya edit tersebut saya catat.

Demikian pengalaman saya saat tidak bisa masuk ke akun google adsense dan akun google dalam satu akun email tersebut. Intinya sekarang lebih hati-hati dalam mengelola akun google, masukkan nomor HP yang aktif, tambahkan email lain untuk jaga-jaga saat pemulihan akun, catat poin-poin penting terkait data dalam akun tersebut (no HP, email, password, dll). Bila mengalami permasalahan tidak bisa masuk akun google, cobalah dengan cara yang saya lakukan tersebut.

Posting Komentar