Sering Mati Lampu Saat Hujan ~ Alasan Mati Lampu

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat, karena dengan listrik penerangan bergantung, belum lagi alat-alat elektronik yang juga menggunakan listrik. Lalu, apa jadinya kalau tidak ada listrik?, bisa dibayangkan mereka yang tinggal didaerah yang belum terjangkau aliran listrik.

Saya baca disebuah koran di kolom aduan lewat SMS, sering ada kiriman SMS terkait keluhan seringnya mati lampu. Hal yang wajar ketika segala sesuatunya serba elektrik, utamanya terkait lampu penerangan. Bukan itu saja, para pengusaha atau yang bidang usahanya menggunakan alat-alat elektronik yang menggunakan arus listrik tentu saja akan mengalami masalah, bisa-bisa mengalami kerugian akibat seringnya mati lampu.
Sering Mati Lampu Saat Hujan ~ Alasan Mati Lampu
Ditempat saya juga sama, terutama saat musim hujan, hampir selalu mati lampu ketika hujan turun cukup deras. Tidak deras pun kadang juga mati. Sangat mengganggu sekali, apalagi kalau mati lampunya dalam waktu yang lama, belum lagi kalau sampai malam. Bukan hanya soal lampu yang tidak menyala, kalau sering mati lampu dikhawtirkan juga akan berpengaruh pada alat-alat elektronik yang tersambung dengan arus listrik.


Dari berita yang saya baca, ada beberapa alasan kenapa listrik dimatikan oleh PLN saat musim hujan, diantaranya:
  • Listrik mati sendiri secara otomatis karena ada kabel telanjang yang terkena pohon basah, relay pengaman pada gardu bekerja.
  • Senagaja dimatikan oleh PLN karena gardu PLN terendam banjir atau lokasi pelanggan terendam banjir.
  • Hujan disertai angin kencang dikhawatirkan ada pohon tumbang menimpa kabel listrik.
  • Ada tiang jaringan kabel yang tidak dilindungi penangkal petir sehingga tersambar petir.
Demikian beberapa alasan kenapa PLN sering mematikan lampu saat turun hujan. Mungkin saja tidak sepenuhnya benar, karena yang lebih tahu alasannya adalah PLN. Bila ingin menghubungi PLN bisa melalui Contact Center PLN 123, website PLN : www.pln.co.id, telepon (kode area) 123, HP : 123, email pln123@pln.co.id, FB : PLN 123 atau twitter : @pln_123. 


Memang menjadi hak PLN untuk mematikan lampu, apapun alasannya. Tapi, sebagai konsumen tentu saja ingin mendapatkan pelayanan terbaik dan tidak mengalami gangguan mati lampu, apalagi kalau terlalu sering. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar