Kekurangan Dan Kelebihan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Setiap orang tentu mempunyai kesibukan mereka masing-masing, mulai dari bayi hingga orang tua semua sama. Aktifitas sehari-hari membuat pakaian menjadi kotor. Keringat bisa membuat pakaian menjadi bau. Salah satu solusi untuk menghilangkan noda kotoran dan juga bau keringat adalah dengan cara mencuci pakaian tersebut.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Warna Putih Agar Warnanya Tetap Putih Bersih

Ada dua alternatif mencuci, yang pertama adalah dengan cara mencuci secara manual, dan yang kedua dengan menggunakan mesin. Ya, untuk mencuci secara manual mungkin sudah tidak asing lagi, karena semenjak jaman dahulu orang-orang sudah menggunakan metode ini. Untuk mencuci dengan mesin cuci, sudah mulai umum digunakan, meskipun hanya kalangan tertentu yang menggunakannya, selain karena faktor harga yang relatif mahal untuk ukuran ekonomi menengah kebawah, mencuci dengan mesin juga dibutuhkan daya listrik yang besar, sehingga tak semua rumah tangga mampu memenuhi syarat tersebut. 
Kekurangan Dan Kelebihan Mencuci Dengan Memakai Mesin Cuci
Mencuci dengan mesin cuci juga tak selalu bagus, ada beberapa kekurangan mencuci dengan metode ini, diantaranya:
  1. Hasil kurang bersih bila dibandingkan dengan mencuci secara manual, terutama untuk pakaian yang nodanya membandel dan kotoran dibagian kerah baju atau daerah yang sulit dijangkau lain.
  2. Butuh daya listrik besar, sehingga tidak semua rumah tangga mampu
  3. Pakaian cepat rusak, karena cara kerja menggunakan mesin dengan kecepatan statis sesuai setelan, apalagi kalau jenis pakaian yang bercampur berbau "keras" atau "tajam" bisa merusak pakaian yang lainnya. Bila menggunakan pengering juga bisa merusak baju karena mesin yang memeras dengan tenaga yang kuat.
  4. Kapasitas terbatas. Untuk pencucian dan pengering pakaian.
  5. Waktu tunggu lama, apalagi kalau cucian banyak.
  6. Bergantung pada listrik, bila mati lampu tak bisa mencuci.
Itu tadi enam kekurangan dari mesin cuci, kalau ada kekurangan, tentu saja ada kelebihannya juga. Berikut ini kelebihan menggunakan mesin cuci, yaitu:
  1. Bisa ditinggal untuk mengerjakan pekerjaan lain karena menggunakan timer. 
  2. Lebih praktis karena tinggal masukkan tak perlu sikat atau kucek seperti mencuci manual.
  3. Bisa langsung mengeringkan pakaian.
  4. Lebih praktis, tak perlu ribet untuk mempersiapkan banyak ember untuk merendam dan membilas pakaian.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, barangkali bisa dikombinasikan antara mencuci secara manual dengan menggunakan mesin cuci. Karena memang untuk jenis kotoran-kotoran tertentu butuh penangan khusus. Demikian tadi kelebihan dan kekurangan mencuci menggunakan mesin cuci versi saya, barangkali orang punya pendapat lain, dan itu sah-sah saja. Apa yang tertulis diatas berdasar pengalaman, dan semua kembali pada pilihan masing-masing.

Poskan Komentar