Rio Haryanto, Harapan Baru Dunia Olah Raga Indonesia

Akhir-akhir ini sumber berita olah raga tak jauh dari nama Rio Haryanto, apalagi setelah dia resmi ikut lomba balap di Formula 1 (F1) untuk satu musim penuh. Awalnya memang sempat mengalami kegamangan, karena memang terbentur dengan dana yang harus dipersiapkan untuk dapat ikut balapan di F1.

Setelah lama menunggu kepastian, atas campur tangan pemerintah maka dana yang di syaratkan untuk dapat mengikuti balapan F1 bisa dikumpulkan. Tentu saja banayk pro dan kontra yang terjadi karena dana dari pemerintah untuk mendukung pembayaran agar Rio Haryanto ikut F1 cukuplah besar. Sudah menjadi sebuah kewajaran bila ada pendapat-pendapat yang saling berseberangan, seharusnya hal tersebut bisa dijadikan pelecut semangat oleh Rio Haryanto untuk menunjukkan kepantasannya berlaga di lintasan balap Formula 1.

Rio Haryanto menjadi buah bibir dimana-mana, tak hanya di media cetak, elektronik, maupun internet dalam negeri saja, tapi juga di luaran sana. Membaca berita hari ini mengenai popularitas Rio Haryanto yang terus menanjak, berdasarkan data yang dirilis akun @f1broadcasting, pilot F1 kebanggaan Indonesia tersebut berada pada posisi ke sepuluh dalam daftar pembalap F1 yang popular di media sosial twitter. Pada saat tulisan ini di buat, jumlah follower Rio Haryanto 362.809, dan sangat mungkin jumlah pengikutnya di twitter akan terus bertambah saat nanti dia sudah resmi menjalani debut balapan.
Popularitas Rio Haryanto (img: www.sindonews.com)
Bukan hanya di media social, para jurnalis F1 pun ramai menjadikan Rio sebagai buruan berita, terbukti saat Rio menjalani tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Semoga saja ketenaran yang terus meningkat tak membuat Rio terlena, bagaimanapun juga ini adalah kesempatan emas, bila tahun ini gagal menunjukkan hasil yang terbaik, bisa jadi tahun depan tak ada lagi nama Rio Haryanto di jajaran pembalap Formula 1.

Hari ini merupakan tonggak sejarah bagi Rio Haryanto sebagai pembalap F1, sebagaimana berita hari ini, pada Rabu (24/2/2016) dan Kamis (25/2/2016) ini Rio akan menjalani tes pramusim di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol dengan menggeber jet darat Manor Racing MRT05. Tentu saja kita berharap bahwa pembalap F1 pertama Indonesia tersebut mampu melewati tes pramusim dengan baik, karena dengan hasil yang memuaskan tentu saja akan semakin menambah kepercayaan dirinya.

Semoga saja Rio Haryanto mampu menunjukkan aksi terbaiknya, sehingga tidak ada lagi keraguan mengenai kapasitasnya sebagai pebalap hebat. Prestasi dari Rio sangat dinantikan public tanah air, wajar karena saat ini Indonesia seolah tak ada lagi yang bisa dibanggakan dari Indonesia, mengingat saat ini prestasi dunia olah raga Indonesia semakin menurun. Banyak cabang olah raga yang dulunya Indonesia merajai, seperti bulu tangkis misalnya, saat ini seperti tinggal kenangan.

Belum lagi carut marut dunia sepak bola Indonesia yang tak kunjung usai membuat masyarakat Indonesia rindu akan prestasi. Banyak faktor yang membuat kehadiran Rio Haryanto di dunia balap internasional seolah menjadi oase di padang tandus. Memang tidak boleh terlalu muluk berharap, karena memang persaingan di F1 sangatlah berat, belum lagi ini merupakan debut Rio yang juga pembalap F1 pertama dari Indonesia.

Semoga fenomena Rio Haryanto bisa menjalar ke cabang olah raga lainnya, permasalahan terkait dunia olah raga bisa tertuntaskan dan mampu menghadirkan prestasi yang membanggakan. Orang boleh pro dan kontra, selama ada yang membela nama Indonesia di dunia olah raga internasional, harus kita dukung. Semoga Rio Haryanto bisa sukses di Formula 1 dan mampu mengharumkan nama Indonesia.

Posting Komentar