9 Perabot Kantor Dasar yang Harus Dimiliki

Bagi kamu para pebisnis muda yang baru merintis usaha dan berniat untuk membangun kantor yang lebih menjual dibanding sebelumnya, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menentukan perabot kantor apa saja yang harus kamu miliki:

1. Meja kerja

Perabot yang satu ini merupakan hal yang paling dasar dimiliki oleh setiap kantor, karena meja tempat meletakkan beberapa peralatan-peralatan tulis lainnya seperti: pena, penggaris, gunting, penjepit kertas. Begitu juga untuk meletakkan laptop atau komputer kantor.

2. Teknologi

Meskipun sudah memiliki tablet dan smartphone lainnya, namun komputer atau laptop tetaplah menjadi andalan bagi setiap kantor. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar sehingga bisa digunakan dengan mudah dan efisien disamping itu kegunaan teknologi di kantor bukan untuk mudah dibawa kemana-mana sehingga komputer dan laptop tetap menjadi andalan utama di kantor-kantor. Yang fungsinya banyak sekali untuk menginput data perusahaan, media penyimpanan, mengirim email ke instansi lainnya dll.
Perabot Kantor Dasar / source: freedigitalphotos.net
Selain komputer, telepon kantor juga menjadi salah satu komponen yang tidak bisa terlepas dari kantor, setiap perusahaan pastinya memiliki nomor kantor khusus tersendiri sebagai wujud eksistensi dari kantor itu sendiri. Sebuah kantor yang baik tentunya adalah kantor yang dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi sehingga memudahkan akses karyawan ke dunia luar untuk promosi atau sekedar menambah kreativitas, sehingga urusan kantor jadi lebih efisien.

3. Aplikasi dan software

Ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk sebuah kantor: seperti software untuk mengecek pembayaran costumer, sosial media, blog dan website kantor.

4. Kertas

Setiap kantor umumnya mengeluarkan surat, laporan dan proposal dalam bentuk hard copy. Meskipun sekarang sudah memasuki era digital, bukan berarti kertas tidak lagi dibutuhkan dalam sebuah kantor atau perusahaan. Sehingga stok kertas harus memadai agar melancarkan segala urusan-urusan yang bersifat administratif.

5. Printer dan scanner

Saat berbicara mengenai kertas diatas, alat yang dibutuhkan untuk mengkonvert data digital menjadi tulisan adalah printer, oleh karena itu setiap kantor mesti punya printer. Bukannya hanya untuk memprint, printer saat ini juga dilengkapi dengan fitur scanner yang bisa digunakan baik untuk menfotocopy maupun untuk menscan berkas-berkas hard copy.

6. Papan planning dan target

Perabot kantor yang satu ini harus dimiliki setiap kantor yaitu papan planning dan target sebagai pengingat setiap hari, apakah kerjaan kita telah sesuai dengan arah yang ingin dituju oleh perusahaan, serta mengingatkan kita untuk bekerja cepat sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Dengan begitu karyawan akan memiliki kesadaran yang tinggi tentang kerja dan waktu.

7. Lemari dan kursi

Lemari berfungsi untuk media penyimpanan berkas-berkas dalam bentuk kertas yang tentu saja akan berserakan jika dibiarkan menumpuk diatas meja. Sedangkan kursi tentu saja untuk tempat duduk para karyawanmu, tidak mungkin jika mereka bekerja dengan posisi berdiri sepanjang hari.

8. Jam dan Kalender

Jam di kantor digunakan untuk mengingatkan waktu kerja yang telah dihabiskan serta menjadi pengingat janji meeting atau deadline dari suatu kerjaan. Begitu juga kalender yang bisa menunjukkan tanggal-tanggal penting atau event-event tertentu yang dilaksanakan pada bulan ini atau tahun ini.

9. Tempat sampah

Hal penting lainnya yang terkesan sangat sederhana namun krusial adalah tempat sampah, setiap orang di kantor harus punya tempat sampah di bawah meja kerja masing-masing untuk menjaga agar area kerja di kantor tetap bersih dan rapi. Karena lingkungan kerja yang bersih juga akan berdampak pada kinerja seseorang.

Demikianlah info mengenai perabot kantor dasar yang harus dimiliki oleh semua kantor, semoga bermanfaat.

Posting Komentar