Pengertian Berita dan Maksud Rumus 5 W + 1 H Dalam Sebuah Berita

Sudah menjadi hal yang umum ketika setiap hari orang disibukkan dengan rutinitasnya, mulai dari pekerjaan di rumah, sekolah, hingga yang kantoran, semua membutuhkan waktu yang banyak tersita. Oleh karenanya, dengan semakin berkembangnya teknologi tentu semakin memudahkan orang untuk mengakses perkembangan terkini. Berita tak lagi hanya bisa dinikmati lewat radio maupun televisi, atau melalui media cetak, tapi sekarang semakin mudah akses berita dengan perkembangan internet yang semakin pesat.

Ya, orang dengan bermodal ponsel, smartphone, komputer, atau laptop, sudah bisa membaca berita dengan menggunakan koneksi internet. Mudah, bukan? Apalagi sekarang ini media online sudah begitu banyak. Berita-berita yang beredar di berbagai media silih berganti, mulai dari yang biasa sampai yang kasus luar biasa, semua menghiasi headline setiap harinya. Biasanya judul sangat menentukan ketertarikan pembacanya.
Contoh:
Berita mengenai ikan makan orang akan lebih menarik daripada berita tentang orang makan ikan. Atau berita tentang orang digigit ular akan kalah menari dari berita mengenai orang menggigit ular. 
Bisa kita simpulkan bahwa berita yang aneh, tidak lazim terjadi, lebih membuat orang tertarik perhatian banyak orang bila dibandingkan dengan berita yang biasa-biasa saja. Namun sayangnya saat ini banyak berita yang mengejar sensasi saja, ingin menarik pembaca sebanyak mungkin, karena terkadang judul yang fantastis tidak sesuai dengan isi beritanya. 

Pengertian Berita

Apa sebenarnya pengertian dari berita? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita juga berarti laporan. Selain itu, ada juga yang menjabarkan pengertian berita sebagai informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, actual, dan menarik.
Pengertian Berita dan Maksud 5 W + 1 H Dalam Sebuah Berita
Dengan pembacaan dan penulisan, serta redaksi berfungsi baik, pembaca dan pendengar akan memperoleh informasi yang aktual. Penyampaian berita bisa secara lisan, mapun tulisan. Berita secara lisan bisa melalui radio, televisi, atau berita dari teman. Sedangkan berita dalam bentuk tilisan bisa disampaikan lewat surat kabar, majalah, portal berita di internet, dan lain sebagainya.

Rumus 5W+1H

Unsur-unsur pokok sebuah berita dapat dirumuskan dengan 5W+1H. Penjabaran dari 5W yaitu what, who, why, when, dan where; 1H yaitu how.
  1. What (apa) : Apa yang terjadi?
  2. Who (siapa) : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
  3. Why (mengapa) : Mengapa hal itu bisa terjadi?
  4. When (kapan) : Bilamana atau kapan peristiwa itu terjadi?
  5. Where (di mana) : Di mana peristiwa itu terjadi?
  6. How (bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi?
Dengan mengetahui pengertian dan rumusan dalam sebuah berita seperti diatas, semoga saja kita bisa memahami maksud dari sebuah berita dan bisa menyampaikan berita dengan baik. Jangan terburu-buru menilai sebuah berita dari judulnya saja, karena saat ini ada kecenderungan membuat berita semenarik mungkin dengan judul yang kontroversial. Harus lebih selektif, jadilah pendengar atau pembca berita yang cerdas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar