Memilih Kue Kering Untuk Lebaran

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, dengan beragam adat dan tradisi, saat perayaan hari raya idul fitri tentu saja berbeda-beda kebiasaan masyarakatnya. Masing-masing daerah punya makanan khas, tradisi berhari raa juga berbeda-beda. Tapi, yang tidak jauh beda dari masing-masing wilayah adalah tersedianya makanan atau jajanan saat perayaan hari lebaran

Kue kering merupakan jenis makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia, hal yang paling mudah membuktikan pernyataan ini adalah saat datangnya lebaran, banyak orang yang mencari jenis kue ini untuk hidangan atau bingkisan lebaran. Jenis dan rasa aneka kue juga sangat bervariasi, semakin kesini semakin banyak varian baru yang dibuat.

Untuk yang beredar di pasaran, rata-rata berbentuk yang itu-itu saja. Berdasarkan apa yang saya baca disebuah tulisan, sebenarnya ada beberapa jenis kue kering berdasarkan cara membuatnya, diantaranya adalah:

#1. Cara membuat kue kering dengan dicetak.
Untuk membuat jenis kue ini gunakan rolling pin dan cetakan kue kering aneka bentuk.

#2. Membuat kue kering dengan disemprot
Menggunakan adonan yang lebih lunak karena metode pembuatannya dengan disemprotkan. Besar dan bentuk kue sangat dipengaruhi oleh spuit yang dipakai. Jangan lupa menambahkan taburan atau hiasan pemanis pada permukaan kue. Usahakan saat menyemprot tidak terlalu tebal, hal ini dimaksudkan agar kue bisa lebih cepat matang. 

#3. Kue kering dengan dipotong-potong
Bekukan terlebih dahulu adonan agar mudah dipotong-potong dan memperoleh bentuk yang sesuai keinginan.

#4. Kue kering dibentuk menggunakan sendok
Alat yang digunakan untuk membentuk jenis kue kering ini adalah dengan menggunakan dua buah sendok teh, fungsinya untuk membentuk agar kue dapat seragam. Adonan yang digunakan biasanya lebih sederhana. Dalam pembuatannya, berikan jarak antara kue satu dengan lainnya, hal ini dimaksudkan agar kue tidak saling menempel, karena memang jenis kue ini akan melebar saat di oven.

#5. Kue kering dibentuk dengan tangan
Proses membentuk kue ini menggunakan tangan.

Apapun bentuknya, perbedaan cara membuat hanya sebuah inovasi, soal rasa saya kira tidak jauh berbeda. Mohon maaf bila dalam memberikan uraian dalam masing-masing metode pembuatan diatas kurang mendetail, Anda bisa mencari referensi lengkapnya dari internet. Maksud saya dengan memberikan gambaran cara membuat kue kering diatas adalah agar tidak salah pilih jenis kue. Barangkali ada yang ingin membuat kue sendiri bisa mencari referensi lebih lengkap di internet.
Memilih Kue Kering Untuk Lebaran
Aneka kue lebaran di blibli.com
Dengan semakin dekatnya Idul fitri, hal ini merupakan sebuah peluang, karena lebaran merupakan salah satu momen yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha kue untuk memperbesar produksi mereka, karena di waktu ini banyak orang yang mencari kue kering untuk kebutuhan lebaran mereka.

Bagi yang ingin mempersiapkan kebutuhan lebaran, khususya dalam mencukupi kebutuhan kue kering lebaran, coba saja cari referensinya di toko online. Untuk lebih mudahnya, bisa pilih-pilih aneka macam bentuk kue dan aneka rasa kue di online shop. Kenapa demikian? Karena di toko online kita bisa leluasa memilih, tak risih ditanya-tanya oleh penjual atau diikuti oleh pejaga toko. Bermodal koneksi internet sudah bisa memilih sesukanya, sesuai selera. Coba saja kunjungi blibli.com, toko online ini banyak menjual aneka kue lebaran. Bila berminat, proses belanjanya juga mudah, aman dan bisa dipercaya.

Jadi, yang terpenting adalah substansi dari hari raya, soal jenis, bentuk dan rasa kue semua kembali pada selera. Jangan malah terlalu lama memilih, kalau sudah mepet dengan hari raya biasanya sudah sulit mencari kue seperti keinginan, belum lagi harga yang kemungkinan naik. Makanya, beli atau buat sendiri, jangan lupa sediakan kue kering saat lebaran tiba.

Posting Komentar