Xiaomi, Perusahaan Mobile Internet Terkemuka Dari Cina

Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini begitu banyak merek HP yang ada di pasaran Indonesia. Dari banyak merek tersebut, ada yang produk dalam luar negeri, tapi yang terbanyak merek dari luar negeri. Salah satu merek HP yang terbilang bagus kualitasnya adalah produksi dari Xiaomi, ya, perusahaan dari Cina ini memiliki beberapa tipe ponsel yang digemari banyak kalangan.

Memang, secara nama belum seterkenal Samsung atau Nokia pada masanya, tapi secara kualitas saya kira tidak jauh berbeda. Bagi yang belum tahu, Xiaomi merupakan sebuah perusahaan mobile internet yang berasal dari Cina, berdiri pada tahun 2010 dan menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Negara asalnya. Karyawan dari perusahaan ini lebih dari 3000 orang, dengan nilai perusahaan lebih dari 10 milar USD.
Pada logo Xiaomi terdapat tulisan “MI” yang merupakan singkatan dari Mobile Internet. Selain itu, arti lain dari tulisan “MI” adalah “Mission Impossible”, menurut referensi yang saya baca, awal pendirian Xiaomi dulu ada banyak kendala yang mustahil untuk dihadapi, sehingga digunakanlah kata itu. Saat ini sudah banyak toko online yang menjual HP merek Xiaomi, namun menurut kabar beritanya, dalam beberapa tahun kedepan Xiaomi berencana membuka seribu outlet diseluruh dunia.
Hal ini tentu saja merupakan kabar baik, karena memang saat ini masih sulit menemukan outlet Xiaomi karena memang jumlahnya terbatas. Di Indonesia sendiri, hingga saat ini baru ada satu toko offline resmi dari Xiaomi, Mi Concept Store, yang dibuka pada akhir tahun 2015 yang lalu. Dalam menghadirkan outlet ini di Indonesia, Xiaomi berkolaborasi dengan Era Jaya. Lokasi Mi Concept Store di Indonesia ada di Sky Bridge Pondok Indah Mall 1, Jakarta. Produk terbaru dari Xiaomi bisa diperoleh disini, diantarnya ponsel, TV, sampai wearable. Fungsi lain dari Mi Concept Store adalah sebagai pusat layanan.
Dari beberapa produk keluaran Xiaomi, saat ini yang telah saya miliki adalah HP dan powerbank. Saya merasa puas dengan produk dari Xiaomi, meskipun dulu saat ingin membeli ponsel ini cukup sulit untuk mendapatkannya. Memang banyak HP Xiaomi dipasaran, tapi yang saya cari adalah HP dari distributor resmi Indonesia. Banyak memang tersedia merek Xiaomi di counter-counter, tapi saat saya Tanya distributornya bukan seperti yang saya cari.
Saya mendapatkan HP Xiaomi Redmi 2 Prime dari toko online blibli.com, pun demikian dengan power bank. Itu juga harus nunggu karena lama tidak tersedia, saya rela inden demi mendapatkan HP bergaransi resmi. Karena banyak HP dipasaran yang hanya garansi distributor atau toko saja, makanya saya mikir-mikir. Di toko online juga banyak yang jual merek Xiaomi, tapi setelah saya baca garansi yang diberikan ternyata bukan garansi resmi, kabanyakan garansi distributor.
Nah, dengan semakin banyaknya persaingan membuat kita harus jeli dalam memilih ponsel, jangan terpaku pada merek saja. Meski belum begitu dikenal, minim promosi di media, tapi nyatanya sudah banyak yang menggunakan, bahkan sudah ada Mi Fans yang merupakan sebutan fans Xiaomi di Indonesia. Komentar para pengamat pun juga mengarah positif pada HP Xiaomi, hal inilah yang membuat saya dulu begitu yakin untuk membeli HP Xiaomi, apalagi kondisi keuangan juga pas-pasan. Untuk informasi saja, Redmi 2 Prime dulu saya beli seharga 1.799.000, untuk ponsel dengan spesifikasi Snapdragon 410 64-bit / 4G Dual SIM / Layar 4.7" IPS HD / Kamera 8MP f/2.2 / RAM 2GB / Flash 16GB.
Semoga sedikit informasi yang saya berikan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Xiaomi, perusahaan mobile internet dari Tiongkok ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar