Belajar Sejarah Dengan Referensi Dari Tulisan di Blog

Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, namun dari sekian banyak catatan sejarah ada peristiwa-peristiwa penting yang layak untuk diketahui oleh semua generasi, misalnya saja mengenai sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan atau sejarah kerjaan-kerajaan yang pernah ada. Umumnya pendidikan sejarah diajarkan dibangku sekolah, mulai dari sekolah tingkat dasar hingga tingkat atas. Tapi, bukan berarti seejarah hanya wajib diketahui oleh mereka yang masih sekolah saja. 

Bagi yang masih atau yang sudah tidak sekolah, sekarang ini dengan mudah bisa belajar sejarah lewat dunia digital, tidak perlu membeli buku. Tidak mengherankan bila saat ini banyak sekolah yang sudah menyediakan fasilitas digital guna menunjang proses belajar mengajar. Dengan mudah mencari sumber bacaan di internet, blog yang jumlahnya sangat banyak memberikan banyak topik, diantaranya adalah mengenai sejarah.
Ilustrasi. Photoright: DariuszSankowski / pixabay.com
Rangkuman Artikel Pendidikan Sejarah salah satunya bisa dibaca di blog http://gamepos.id, iya, karena banyak tulisan di blog ini yang mengulas tentang pendidikan sejarah. Sebagai salah satu contoh adalah dalam tulisan yang membahas mengenai sejarah pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), dimana dalam tulisan ini disajikan ulasan proses yang mendasari pembentukan kedua lembaga tersebut dan juga mengenai tugasnya. Bukan itu saja, ada juga tulisan mengenai sejarah kerajaan di Indonesia, dan masih banyak artikel lainnya..

Tidak bisa dimungkiri bahwa sekarang ini banyak yang mulai lupa akan sejarah, karena memang dengan semakin berlalunya waktu membuat daya ingat semakin berkurang, belum lagi adanya simpang siur sejarah yang terkadang membuat orang merasa kebingungan. Dengan adanya blog yang memuat tentang rangkuman sejarah tentu akan memudahkan semua lapisan masyarakat untuk belajar kembali, tidak hanya untuk mereka yang masih duduk di bangku sekolah. 

Nah, kiranya pemanfaat teknologi untuk menunjang hal-hal positif sangat diperlukan, jangan hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat saja, apalagi untuk hal-hal yang negatif. Tidak disangkal lagi bila sekarang ini ada cerita sejarah yang simpang siur sehingga membuat orang menjadi bingung, bila tidak diimbangi dengan referensi yang jelas bisa-bisa menjadikan orang terjerumus dalam pemahaman yang keliru. Semoga kita bisa belajar sejarah dari referensi yang jelas dan terpercaya.

Poskan Komentar