Menilik Tangerang, Kota Industri Favorit Pengembang Properti

Meski tidak seperti ibukota Jakarta yang geliat kehidupan dan bisnisnya seakan tidak pernah berhenti, Tangerang tidak kehilangan pesonanya. Kota ini nyatanya terus berkembang dan menjadi kawasan pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa. Tercatat ada lebih dari 1000 pabrik, termasuk perusahaan internasional, yang berdiri di kota terbesar ketiga di lingkup Jabodetabek ini. Untuk alasan yang rasional inilah, wajar jika memang cuaca di Tangerang cenderung panas dan lembap.
Ilustrasi. Source: https://unsplash.com/@jeisblack
Sering kali, untuk memudahkan mereka yang tidak terlalu memahami kondisi geografis, penduduk Tangerang akan menjawab Jakarta sebagai tempat tinggalnya ketika ditanya. Bukannya bermaksud mengabaikan, akan tetapi hal ini dipicu oleh perluasan urban Jakarta yang kini juga meliputi Tangerang. Kenyataannya, tidak sedikit pula penduduk di Tangerang yang justru bekerja di Jakarta. Setiap harinya, mereka pun harus bolak-balik Tangerang-Jakarta. Namun urusan jarak antara kantor dan hunian di perumahan di Tangerang yang mereka miliki bukan lagi menjadi kendala karena mudahnya akses seperti jalan tol dan commuter line.

Potensi Investasi dan Bisnis Properti yang Kian Bersinar

Kawasan Tangerang acap kali dianggap sebagai satu wilayah yang utuh. Padahal nyatanya, secara geografis Tangerang masih dibagi lagi berdasarkan pemerintahannya. Tangerang terbagi mejadi Tangerang Kota, KabupatenTangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Ketiga wilayah ini memiliki ciri atau karakter yang tidak jauh berbeda, namun Kota Tangerang Selatan atau yang kerap disingkat menjadi Tangsel adalah wilayah yang menjadi primadona.

Tidak bisa dimungkiri, faktor yang sangat mendukung berkembangnya Tangerang hingga sebesar ini adalah pesatnya perkembangan di kawasan Tangerang Selatan. Perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta sudah mulai mengalihkan aktivitas bisnisnya ke wilayah yang berada sekitar 30 km dari ibukota ini. Tentu saja, salah satu dampak yang terpengaruh adalah naiknya harga properti di kawasan ini.

Atas dasar inilah, para pengembang perumahan berlomba-lomba memenangkan pasar di wilayah dengan potensi bisnis yang sangat besar ini. Akan tetapi, khususnya bagi pengembang berskala kecil dan menengah, kini  harus mengubah strategi. Tingginya harga tanah di Tangerang Selatan dengan harga kisaran Rp1.000.000,00 sampai Rp3.000.000,00 membuat pengembang beralih mengembangkan bisnis di dua wilayah lainnya yang masih memiliki harga tanah lebih murah. Di Kabupaten Tangerang, harga per meter masih di kisaran ratusan ribu, sementara di Tangerang Kota, harga tanah berada di kisaran satu hingga satu setengah juta.

Kota Satelit dan Perumahan Elite

Tangerang selama ini kerap dikenal ‘hanya’ sebagai penyangga ibukota Jakarta. Akan tetapi kenyataanya, peranannya sebagai kota penyangga pun tidak main-main. Terbukti, selain manufaktur dan industri yang sangat maju, kota ini juga memiliki berbagai hunian kelas atas untuk memanjakan penduduknya. Berikut ini adalah sebagian dari perumahan di Tangerang yang paling banyak mendapat perhatian.

BSD City

Anda tentu pernah mendengar BSD, bukan? Sesuai namanya, Bumi Serpong Damai, BSD terletak di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan.BSD City merupakan proyek kota terencana terbesar di Indonesia yang merupakan salah satu kota satelit dari Jakarta. Kota satelit sendiri merupakan kota yang terletak di tepian kota yang lebih besar dan menjadi kawasan penunjang bagi kota yang lebih besar tersebut (dalam hal ini adalah Jakarta).

Sebagai kota dengan komunitas mandiri, fasilitas yang disediakan di BSD City oleh pengembang Sinarmas Land ini tergolong lengkap. Di atas luas lahan dengan total 6.000 hektare, hunian juga sudah dilengkapi dengan kawasan perkantoran, industri, wisata,pendidikan, dan kesehatan. Dengan demikian, pemenuhan kebutuhan penduduknya dapat tercapai dengan lebih mudah.

Kawasan yang menjadi favorit para ekspatriat ini diresmikan pada tahun 1984, tepatnya pada tanggal 16 Januari. Berdasarkan master plan, BSD City akan dibangun melalui tiga tahap pembangunan. Tahap awal pembangunan yang juga telah selesai menggarap lahan seluas 1.300 hektare. Sementara itu, tahap kedua akan mengerjakan lahan seluas 2.4000 hektare dan tahap ketiga akan menghabiskan 2.300 hektare sisanya.

Salah satu fungsi lain dari sebuah satelit adalah sebagai pintu masuk bagi kota yang lebih besar. BSD City pun telah memenuhi hal tersebut. Kota buatan ini telah terhubung dengan lima buah pintu tol, dengan dua di antaranya sudah dibuka dan beroperasi sejak tahun 1999.

Lippo Village

Sebuah kota terencana di Tangerang lainnya yang sudah sangat lama dikenal masyarakat adalah Lippo Vilage atau justru lebih dikenal dengan nama Lippo Karawaci. Luas kawasannya memang tidak terlalu besar, namun jumlah rumah di sini mencapai lebih dari 500. Fasilitas yang ada di Lippo Village pun termasuk lengkap, mulai dari rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, universitas, kompleks sekolah, kondominium dan lapangan golf, hingga shuttle bus.

Perumahan Alam Sutera

Alam Sutera dengan reputasinya sebagai pengembang besar benar-benar memahami potensi di daerah Tangerang. Dengan pengalaman di bidang properti yang tak lagi perlu dipertanyakan, Alam Sutera berhasil menyulap ruang di Tangerang menjadi sebuah kawasan hunian idaman.

Di atas lahan seluas 3.000 hektare, perumahan elite Alam Sutera dikembangkan. Lokasinya berada di Kecamatan Serpong dengan desain yang asri dan sangat nyaman untuk ditinggali. Infrastruktur dan fasilitas yang disediakan pun tidak tanggung-tanggung. Tentu saja, seluruh akomodasi tersebut tidaklepas dari kesan mewah. Maka dari itu, wajar rasanya jika harga jual untuk hunian di kawasan Alam Sutera berkisar antara dua hingga delapan miliar.

Selain tiga lokasi di atas, masih banyak perumahan di Tangerang yang tersedia. Tentu tidak semuanya merupakan kawasan yang elite dan eksklusif. Anda yang merasa lebih nyaman untukmemiliki hunian di perumahan atau kawasan kelas menengah pun, Tangerang juga memberi banyak pilihan bagi Anda.

Sumber:
http://properti.liputan6.com/read/2407092/kabupaten-tangerang-jadi-wilayah-properti-yang-bakal-bersinar
http://properti.liputan6.com/read/2572163/menilik-rumah-rumah-di-kawasan-elit-di-tangerang
http://bisnis.liputan6.com/read/2501550/pertumbuhan-investasi-properti-paling-pesat-di-tangerang

Poskan Komentar