2 Perbedaan Apartemen dan Kondominium yang Mencolok

Perbedaan apartemen dan kondominium – Mungkin Anda bisa membedakan antara apartemen dengan hotel atau jenis penginapan lainnya. Lalu bisakah Anda membedakan antara apartemen dengan kondominium?. Saat mendengar kondominium mereka mengait ngaitkan kondominium tersebut sebagai apartemen yang bisa ditinggali. Bentuk kondominium yang mirip sekali dengan apartemen membuat dugaan apartemen dan kondominium adalah sama semakin kuat. Ternyata, mereka berbeda. Apartemen dan kondominium memiliki fungsi yang sama yaitu untuk ditinggali namun sifanya berbeda. Agar tidak salah kaprah lagi antara pengertian apartemen dan kondominium, sebaiknya simak beberapa perbedaan apartemen dan kondominium dibawah ini :

Status Kepemilikan

Hal pertama yang bisa menjelaskan perbedaan apartemen dan kondominium adalah status kepemilikannya. Ahli dalam ilmu properti mengemukakan bahwa dulunya apartemen merupakan bangunan vertikal yang statusnya hanya bisa disewakan saja, sehingga penghuni yang menghuni apartemen tersebut tidak berhak untuk menjual atau menyewakannya kembali kepada orang lain tanpa pengetahuan pemilik atau pengembang apartemen tersebut. Sedangkan kondominium merupakan bangunan vertikal dan terdiri dari beberapa lantai namun fungsinya adalah untuk dijual. Penghuni kondominium tersebut sekaligus menjadi pemiliki unit kondominium yang dimilikinya. Pembeli tersebut berhak untuk menjual kembali kondominium miliknya atau menyewakannya kembali.

Sayangnya pangsa pasar yang semakin besar, membuat status kepemilikan antara kondominium dengan apartemen menjadi sama. Hal itu dikarenakan bisnis apartemen yang semakin berkembang pesat. Kini status kepemilikan apartemen bisa dimiliki oleh pembelinya. Banyak apartemen yang dijual untuk dijadian sebagai hunian.  Misalnya saja adalah Apartemen Belleza yang ada di Jakarta Selatan, Apartemen Sudirman Suites yang ada di Jakarta Pusat dan masih banyak lagi lainnya. Karena itulah status kepemilikan antara apartemen dan kondominium sekarang ini kurang lebih sama.

Bentuk Bangunan

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari segi bangunannya.  Meski sama sama bangunan vertikal ternyata apartemen dan kondominium memiliki bentuk bangunan yang berbeda. Untuk kondominium, bangunannya hanya dilengkapi dengan dua atau tiga tower saja sedangkan untuk apartemen bangunannya berjajar banyak tower. Selain itu, kondominium dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang yang luas, gym dan fasilitas mewah lainnya. Memang kondominium tersebut diperuntukkan untuk kalangan berada. 

Seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat akan apartemen, apartemen dilengkapi dengan fasilitas yang mewah pula. Memang ada beberapa apartemen untuk kalangan menengah yang dibangun dengan banyak tower. Sedangkan untuk apartemen premium seperti Royal Mediterania Garden hanya terdiri dua tower saja seperti bangunan kondominium. Tower tersebut adalah Tower Lavender dan Tower Marygold. Fasilitasnya pun sangat lengkap mulai dari kolam renang yang luas, parkir bawah tanah, restoran, mini market dan masih banyak lagi lainnya. 

Semakin berkembangnya bisnis properti di Indonesia membuat apartemen sejajar dengan kondominium. Meski ada yang mengatakan untuk investasi bangunan yang cocok adalah kondominium namun saat ini pun apartemen bisa dijadikan investasi yang menguntungkan sebab status apartemen bisa dimiliki. Bagi Anda yang sedang mencari investasi apartemen yang cocok untuk bisnis Anda, Anda bisa mengakses rukamen. Rukamen menyediakan apartemen kelas menengah bahkan kelas high end atau premium yang sejajar dengan kondominium. Dengan rukamen Anda bisa semakin tahu bahwa perbedaan apartemen dan kondominium tidaklah mencolok seperti dahulu.

Posting Komentar