Desain Interior Aquarium Melayang Menjadi “Sihir” Diruang Keluarga Rumah Minimalis

Ketika memasuki salah satu rumah minimalis didaearah JakPus alias Jakarta Pusat, yang kami dapati hanya satu kata WOW. Rumah minimalis ini memang sih milik seorang arsitek muda, yang menumpahkan ide liarnya pada setiap sudut rumah minimalis miliknya. Rumah minimalis ini bertipe loft, dan jika diperharikan tidak memiliki satu desain dan gaya yang sama tapi campuran. Paling bisa menyulap mata kami, yaitu sebuah aquarium tampak seperti melayan diatas atap, padahal aquarium ini dibuat  diplafon dak beton bagian zona balkon. Bentuknya elips dengan jari jari 30cm. Ternyata aquarium ini bisa merefleksikan cahaya matahari dari pagi hingga sore hari yang bisa membentuk bayangan dilantai. Bayangan itu bisa turun, lantas beranjak naik, dan kembali lagi ke tempat awal. Ruang keluarga dilantai bawah dibuat berbentuk hall. Ruang ini bervolume 6mx10mx8m menampung aliran udara yang bebas berseliweran dan membuat suasana menjadi segar dan bisa menjadi wadah segala aktivitas. 
Tidak habis sampai aquarium melayang dan ruang keluarga berbentuk hall saja, rumah minimalis ini juga memiliki ruang khusus untuk bermusik. Letak ruang ini ada disebelah sudut. Menariknya lantai ruang music ini terbuat dari kaca lamisafe bening dengan tebal 19 mili meter, lantai kaca ini dipadu dengan parket, tidak heran ruang ini ternyata menjadi tempat favorit keluarga, jelas enak dan santai sih. Oh ya, rumah minimalis ini terasa lebih maksimal karena ketika kita melangkah dari pintu masuk terasa lebar dengan foyer terbuka lebar, jadi kita cukup dengan selangkah menginjak bordes tangga dan langsung ke lantai atas. 

Sang arisitek ternyata bisa memecahkan problem yang hanya standar sejajar saja menjadi lebih menarik dengan mengedepankan aspek pada massanya bangunan, seperti bentuk elips, setengah lingkaran dan juga kubus menciptakan fungsi ruang yang berbeda tapi saling berhubungan. Tidak tanggung pemilik sekaligus otak perancang gaya desain rumah minimalis ini berani memadukan material seperti aluminium, kaca, besi, dan ranting untuk membuat daya memikatnya lebih kental. Begitu juga untuk perpaduan warna dinding dan juga peralatan rumah yang dipilih seperti warna putih, hitam, dan abu-abu yang menekankan pada sisi “kejujuran” structural dan material rumah minimalis ini.

Poskan Komentar