Mengenal Apa Itu Gasket dan Fungsinya

Gasket secara garis besar memiliki pengertian yaitu materi atau alat yang diletakkan atau digabungkan diantara dua komponen material yang dapat dipisahkan. Penggunaan gasket sendiri memiliki fungsi utama sebagai material pencegah terjadinya kebocoran diantara dua sambungan komponen. Gasket biasanya diaplikasikan pada pengerjaan saluran pemipaan yaitu untuk menyegel flange dan juga digunakan pada peralatan-peralatan komponen mesin yang membutuhkan penyegelan juga.
Mengenal Apa Itu Gasket  dan Fungsinya
Di pasaran banya di jual gasket dengan berbagai macam jenis gasket, setiap jenis gasket memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda. Maka dari itu penggunaan gasket haruslah sesuai dengan komponen yang akan dilindunginya, perhatikan juga kualitas dan material dari bahan gasket itu sendiri.

Kualifikasi gasket yang digunakan sebagai penyegel harus dapat bekerja sesuai dengan semestinya yaitu dapat menghindari dan menjaga dari kebocoran, tahan terhadap tekanan yang tinggi, dan tahan terhadap parts atau komponen yang dilindungi. Maka dari itu sistem pemasangan gasket harus benar-benar diperhatikan secara integratif agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan.

Penggunaan parts gasket ini juga harus diperhatikan secara berkala dengan mengecek kondisinya. Biasanya penggantian gasket ini dilakukan berdasarkan lamanya penggunaan, atau dapat dihitung dari lamanya gasket bekerja menahan tekanan saat pengoperasian. Usahakan penggantian gasket ini sebelum terjadinya kebocoran, karena ada beberapa kasuk gasket baru diganti ketika sudah terjadi kebocoran padahal hal ini sangat berbahaya jika gasket yang digunakan sebagai sambungan flange yang berfungsi sebagai saluran gas.

Dan pada prakteknya penggunaan gasket sebelum diterapkan atau diaplikasikan tidak melalui uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kekuatan dan kualitas gasket. Sehingga banyak sekali parts gasket yang rusak dalam masa penggunaan yang tidak terlalu lama karena gasket yang dibeli tidak memiliki kualitas yang baik atau jenisnya tidak sesuai.

Maka dari itu saya tekankan sekali lagi, pada saat Anda pergi ke toko suku cadang jual gasket perhatikanlah benar-benar kaulitasnya, agar gasket yang Anda beli dapat bekerja dengan semestinya serta aman dari resiko kebcoran, karena gasket merupakan material yang cukup penting keberadaannya dalam proses penyambungan flange pada pemipaan atau mesin.

Posting Komentar