Membersihkan Panci Dan Kiat Agar Dapur Terjaga Kebersihannya

Memiliki dapur yang bersih tentu saja menjadi idaman setiap orang, khususnya bagi kaum wanita yang hampir setiap hari melakukan aktivitas di tempat ini. Ya, sedari pagi kebanyakan kaum ibu mempersiapkan sarapan bagi suami dan anak-anak, bila kondisi dapur acak-acakan tentu akan mengurangi kenyamanan.

Bagi yang hobi memasak, dapur merupakan tempat yang menyenangkan, apalagi saat ini dengan mudahnya menemuka aneka resep masakan yang bisa diperoleh dengan bantuan akses internet. Ya, banyak blog, website atau portal berita yang menyajikan aneka menu masakan, salah satunya http://www.kreasisasa.com/ yang menyakikan banyak resep masakan Indonesia.
Ilustrasi. Photoright: congerdesign / www.pixabay.com
Ada konsekuensi yang harus ditanggung ketika orang selesai memasak, karena pastinya akan ada banyak perabot yang menjadi kotor, begitu juga dengan dapur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar dapur selalu bersih dan nyaman untuk dipergunakan, misalnya saja menjaga peralatan masak selalu bersih. Salah satu peralatan masak yang paling sering digunakan adalah panci, karena kelengkapan memasak yang satu ini bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan.

Dari tulisan yang pernah saya baca, ada cara sederhana untuk membersihkan panci. Misalnya saja dengan menggunakan sikat gigi bekas lalu tuang beberapa tetes cairan pencuci piring dan sikat, kalau sudah, bilas panci hingga bersih. Selain lebih sehat, peralatan masak yang selalu dibersihkan setelah dipergunakan bisa membuatnya lebih awet. Cuci wajan, pisau, panci dan peralayan lain dengan mempergunakan sabun dan air yang mengalir. Bila sudah, keringkan dan simpan ditempatnya.

Selain itu, menjaga kesegaran bahan makanan juga penting, perhatikan tanggal kadaluwarsa bumbu atau bahan makanan yang ada di dapur. Bila sudah kadaluwarsa atau tidak layak konsumsi segera buang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapur bisa terhindar dari aroma tidak sedap dari bumbu atau bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi tersebut.

Hal yang penting lainnya adalah menjaga kebersihan wilayah dapur. Lap lantai dan juga meja dapur setelah proses memasak selesai. Bersihkan juga perabot, rak penyimpanan dan bagian lain di dapur dan sekitarnya agar dapur menjadi bersih dan nyaman untuk dipergunakan. Dan yang tidak kalah pentingnya dengan tetap menjaga kebersihan bisa membuat lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar