Mau Berlibur Ke Luar Negeri, Ikuti Tips Ini Biar Gak Ribet

Sumber gambar: pixabay.com
Menyenangkan sekali jika bisa berlibur ke luar negeri dengan menggunakan tiket pesawat Garuda Indonesia yang terkenal super nyaman, hal ini pastinya jadi impian seiap orang. Berlibur ke luar negeri tentunya menjadi salah satu mimpi dari kebanyakan warga Indonesia, bisa merasakan suasana Negara baru, berkenalan dengan bahasa baru, budaya baru, dan musim yang baru. Jika ingin berpergian ke luar negeri, sebaiknya persiapkan berbagai tips berikut ini agar tidak ribet: 

1. Siapkan Paspor dan VISA

Paspor dan VISA merupakan syarat utama jika ingin berlibur ke luar negeri, syarat ini mutlak dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencoba berlibur ke luar negeri. Memang ada sebagian Negara yang saat ini membebaskan VISA bagi WNI yang ingin berkunjung ke Negara tersebut, meski begitu tidak semua negera membebaskan VISA. Hanya Negara di kawasan ASEAN saja yang membebaskan VISA bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Negara tersebut, mungkin ada sebagian Negara non-ASEAN yang juga membebaskan VISA bagi wisatawan namun tentunya dengan syarat dan ketentuan tertentu seperti misalnya Jepang. Jepang membebaskan VISA bagi WNI yang ingin berkunjung ke sana, namun dengan syarat menggunakan e-passport. 

2. Beli Tiket dan Booking Hotel sedari dini

Ada banyak situs tiket murah yang bisa ditemukan saat ini, jadi sangat mudah sebenarnya jika ingin melakukan berpergian kemanapun di Indonesia ataupun ke luar negeri. Selain itu ada banyak promo dan juga tawaran diskon yang disediakan oleh pihak pengelola situs untuk semua jenis maskapai yang ada di Indonesia, bahkan potongan harga juga bisa ditemukan jika ingin membeli tiket pesawat Garuda Indonesia yang terkenal karena fasilitas dan layanannya yang memuaskan.

Pemesanan tiket bisa dilakukan setelah kamu menentukan tanggal untuk berlibur, pesanlah tiket jauh-jauh hari agar harga yang didapatkan bisa lebih murah dan tentunya tidak kehabisan pas hari H. Sama halnya dengan pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel juga bisa dilakukan sedari dini. Ada banyak situs online yang menyediakan beragam jenis hotel di berbagai wilayah yang bisa ditemukan, pemesanan hotel sebaiknya dilakukan saat berada di Indonesia agar sistem pembayarannya lebih mudah dan tidak terlalu mahal. Jika pemesanan hotel dilakukan saat berada di luar negeri, kemungkinan hal ini malah akan membuat budget liburan semakin besar, sebab nilai mata uang yang digunakan umumnya dolar dan ini yang menjadikannya lebih mahal. 

3. Cari tahu mengenai alat transportasi yang bisa digunakan saat berlibur nanti

Setelah selesai mencari tiket pesawat di situs tiket murah dan juga booking hotel, hal lain yang wajib dilakukan adalah menentukan jenis transportasi mana yang akan digunakan kala berpergian di Negara yang akan dikunjungi nanti. Moda transportasi tentunya banyak berseliweran, namun carilah moda transportasi yang sekiranya paling efektif dan paling efisien untuk menekan budget liburan. Jika cukup tahu rute perjalanan, bisa juga dengan menyewa kendaraan pribadi untuk melakukan kegiatan berpergian kemanapun yang diinginkan. Namun jika ragu, bisa menggunakan moda transportasi umum yang ada disana. Tentukan rute lokasi tujuan, catat lokasi tujuan sedari dini mau kemana saja dan akan naik kendaraan apa saja. 

4. Atur budget yang diperlukan saat liburan untuk keperluan lainnya

Agar liburan tidak membuat kantong bolong setelahnya, tentunya sangat penting untuk mengatur budget liburan yang perlu disiapkan. Selain dari mengatur budget untuk keperluan utama seperti pembelian tiket, booking hotel, dan transportasi yang akan digunakan di Negara tujuan, mengatur budget untuk kebutuhan pokok seperti makan, minum, membeli oleh-oleh, dan lainnya juga sangat diperlukan. Harga kuliner di luar negeri biasanya lebih mahal dibandingkan dengan harga kuliner di Indonesia, selain itu terkadang menu yang disajikan tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia. Ada baiknya saat ke luar negeri juga membawa bekal dari rumah, bekalnya berupa makanan tahan lama, namun tentunya jangan terlalu banyak karena nanti bisa-bisa bermasalah saat akan naik pesawat.

Untuk masalah oleh-oleh, terkadang hal ini sebenarnya tidak perlu karena yang lebih penting ketika berlibur adalah kesan dari liburan itu sendiri. Namun hal ini kadang juga menjadi sangat penting, karena ada sekumpulan orang di rumah yang menunggu kedatangan oleh-oleh tersebut (yang berliburnya tidak penting). Jika ingin membeli oleh-oleh untuk orang rumah ataupun teman, sebaiknya belilah oleh-oleh khas Negara tersebut yang harganya murah meriah seperti misalnya gantungan kunci, kaos, dan lainnya yang tentunya hal ini akan sangat berguna dalam menekan budget. 

5. Jika seluruh tips di atas masih terbilang ribet, gunakan jasa agent tour and travel biar lebih simpel

Mungkin beberapa tips di atas masih terbilang ribet karena harus menyiapkan paspor dan VISA sendiri, beli tiket di situs tiket murah sendiri, booking hotel sendiri, dan lainnya seorang diri, hal tersebut sebenarnya cukup lumrah dan terbilang tidak terlalu membebani karena menjadi syarat mutlak saat ingin berpergian ke luar negeri terkecuali jika menggunakan agent tour and travel. Saat ingin berpergian ke luar negeri namun tanpa diribetkan berbagai persiapan di atas, bisa dilakukan dengan menggunakan jasa agent tour and travel, ada banyak jasa seperti ini yang bisa digunakan jadi wisatawan hanya menyiapkan barang kebutuhan pribadi saja saat akan berpergian ke luar negeri karena berbagai kebutuhan yang disebutkan di atas biasanya sudah ada atau lengkap (per paket).

Itulah beberapa tips saat ingin berpergian ke luar negeri tanpa ribet, poin terakhir merupakan poin pilihan yang paling cocok digunakan bagi Anda yang terlalu sibuk untuk mengatur urusan liburan sendiri.

Posting Komentar