Memilih Susu Anak 3 Tahun Untuk Membantu Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Memiliki anak yang masih balita membutuhkan perhatian khusus, karena pada usia ini anak sedang dalam masa tumbuh kembang. Butuh perhatian ekstra, apalagi bagi anak yang tidak setiap waktu didampingi ibu mereka. Bukan rahasia lagi bila sekarang ini banyak kaum ibu yang bekerja, sehingga anak ditinggal dirumah bersama pengasuh atau keluarga dekat lainnya. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk meninggalkan anak di rumah. Hal yang sering diperhatikan saat memutuskan untuk meninggalkan anak adalah dalam memilih susu. Biasanya anak yang berusia 3 tahun sudah tidak minum asi, dan orang tua akan melanjutkan dengan memberikan susu formula bagi anak mereka.
Ilustrasi. Photoright: tung256-4583107 / www.pixabay.com
Susu anak 3 tahun ada banyak macamnya, oleh sebab itu sebagai orang tua tentu harus lebih teliti dalam menentukan pilihan susu terbaik untuk si buah hati. Jangan sampai timbul efek negative akibat salah dalam memberikan susu pada anak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu anak 3 tahun, diantaranya kandungan nutrisi yang ada dalam susu. Kenapa demikian? Karena anak pada usia 3-5 tahun masih dalam proses pertumbuhan. Dengan kandungan nutrisi dalam susu dapat mendukung tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Perhatikan komposisi yang terkandung dalam susu, hal ini bisa diketahui dari label yang tertera. Biasanya dalam label tertulis lemak, karbohidrat, kasium, fosfor dan vitamin (A, D, E, K). Yang tidak kalah penting adalah menghindari susu dengan kandungan gula yang tinggi, usahakan jangan memberikan susu dengan kandungan gula tinggi kepada anak.

Bagi anak yang tidak cocok terhadap susu formula yang berbahan dari susu sapi, bisa menjadikan Susu Hypoallergenic (HA) sebagai pilihan. Kenapa susu HA? Karena Protein yang terkandung dalam susu HA telah dipecah, sehingga kecil kemungkinan menimbulkan alergi pada anak. Alternative lainnya adalah dengan memberikan anak susu soya yang dibuat dari kedelai kepada anak yang tidak cocok dengan susu formula yang terbuat dari susu sapi.

Hal yang tidak kalah penting sebelum membeli susu formula adalah dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsa. Periksa tanggal kadaluwarsa yang tertera dalam kemasan, usahakan membeli susu dengan tanggal kadaluwarsa yang masih lama.

Nah, dengan memperhatikan hal-hal penting dalam memilih susu formula bagi anak, harusnya sebagai orang tua bisa menentukan mana yang cocok untuk anak dalam usia tersebut. Ada banyak produk susu formula yang beredar dipasaran, kiranya selektif dalam memilih diperlukan agar tumbuh kembang anak tidak terganggu.

Sebagai contoh, produk susu anak 3 tahun yang banyak direkomendasikan adalah Nutrilon Soya 4. Susu ini diperuntukkan bagi anak yang berusia 3-6 tahun. Dengan kandungan nutrisi yang baik, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral tanpa tambahan sukrosa maupun laktosa. Pertumbuhan anak bisa terbantu dengan zat gizi makro dan mikro. Yang perlu diperhatikan adalah peruntukkan Nutrilon Soya 4, karena susu ini tidak cocok untuk bayi di bawah usia 12 bulan.

Dengan banyaknya susu formula yang beredar dipasaran, jangan sampai salah pilih. Memilih susu terbaik untuk anak merupakan salah satu upaya untuk menjaga agar tumbuh kembang anak lebih terjaga.

Anak membutuhkan perhatian lebih, termasuk juga dalam hal pilihan susu bagi mereka. Tentu sebagai orang tua menginginkan yang terbaik, oleh karenanya memilih susu formula yang tepat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan perhatian orang tua kepada anak mereka. semoga bermanfaat.

Posting Komentar