Fenomena Unik Super Langka Yang Terjadi Di Dunia, Pernah Lihat?

Begitu banyak fenomena yang ada di dunia, tidak perlu pesan tiket di situs tiket pesawat online murah untuk menikmati beragam fenomena unik yang ada karena waktunya tidak bisa diperkirakan. Umumnya fenomena ini terjadi karena faktor tertentu, hal inilah yang menjadikan fenomena ini menimbulkan decak kagum dari para pengamat. Berikut ini ada beberapa fenomena unik dan menarik yang pernah terjadi di dunia, diantaranya:

● Fenomena hari tanpa bayangan
Sumber gambar: liputan6.com
Fenomena unik yang terakhir adalah fenomena hari tanpa bayangan yang hanya terjadi di Pontianak, Indonesia. Fenomena ini terjadi ketika posisi matahari tepat berada di atas garis khalutistiwa. Pada saat terjadi fenomena ini, nilai jarak matahari ke ekuator langit adalah 00 yang berarti mahahari tepat di atas khatulistiwa sehingga membuat bayangan benda tidak nampak. Fenomena unik ini terjadi pada tanggal 21 Maret 2018 kemarin dan hanya terjadi beberapa saat saja.

● Fenomena ombak membeku
Sumber gambar: palingseru.com
Cek harga kamar hotel di reservasi.com untuk berkunjung ke Amerika, siapa tahu kamu bisa menikmati keindahan salah satu fenomena yang terjadi di wilayah ini. Fenomena ini sempat terjadi di laut Amerika, fenomena ombak membeku merupakan fenomena yang sangat langka yang terjadi akibat suhu bumi turun secara drastis dalam waktu yang sangat cepat sehingga membekukan apapun termasuk ombak.

Fenomena alam unik ini sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, ombak yang biasanya membelah lautan, pada saat itu ia seolah terdiam tak bisa melakukan apapun. Fenomena seperti ini tidak bisa terjadi disemberang tempat dan waktunya juga tidak bisa diperkirakan. Ombak beku atau biasa disebut dengan slurpee waves ini berhasil direkam oleh seorang peselencar yang bernama Nimerfroh. Saat itu ia berniat ingin bermain selancar di laut, namun ia menemukan pemandangan unik yaitu ombak yang biasa ia mainkan tengah diam dan membeku.

● Sun dogs
Sumber gambar: globalnews.ca
Fenomena alam  yang tak kalah unik selanjutnya adalah fenomena sun dogs. Fenomena ini merupakan keadaan dimana matahari mengalami pembiasan sehingga muncul bayangan-bayangan yang membuat matahari tampak kembar 3. Fenomena unik ini sangat jarang sekali terlihat karena memerlukan kondisi atmosfer yang khusus hingga akhirnya dapat muncul sebuah ilusi pada mata yang melihat. Hal ini terjadi ketika lempengan Kristal es berbentuk hexagonal terkena biasan cahaya matahari sehingga membentuk pantulan cahaya di sisi matahari.

Fenomena unik ini hanya bisa dilihat di beberapa tempat saja di dunia. Waktu terjadinya pun juga tidak bisa diperkirakan karena tergantung kondisi alam. Durasi fenomena ini juga tidak menentu dan lebih sering terjadi dalam waktu singkat. Cek situs tiket pesawat online murah untuk mengunjungi beragam tempat menarik lainnya di dunia, selain keindahan fenomena namun di dunia ini juga banyak tempat indah lainnya yang wajib dinikmati.

● Fenomena awan morning glory
Sumber gambar: banglakers.com
Fenomena unik di dunia selanjutnya adalah fenomena awan morning glory. Awan morning glory merupakan kondisi awan menjadi seperti gulungan yang panjang yang disebabkan oleh angin berupa badai yang datang secara tiba-tiba. Awan yang berbentuk seperti gulungan ini bisa memiliki panjang mencapai 1000 km bahkan bisa lebih dan kadang muncul beberapa gulungan awan. Fenomena awan unik ini tidak bisa ditemukan setiap hari. Hanya pada waktu-waktu tertentu saja fenomena alam unik ini bisa kita saksikan khususnya saat terjadi badai angin.

● Fenomena super blue blood moon
Sumber gambar: nasa.gov
Fenomena unik di dunia yang pertama adalah fenomena super blue blood moon. Fenomena alam langka ini merupakan gabungan dari beberapa kejadian alam yaitu bluemoon, supermoon dan gerhana bulan yang terjadi secara bersamaan. Fenomena alam unik dan langka ini hanya terjadi sekitar 150 tahun sekali dan yang terakhir kali terjadi pada tahun 1866. Pada moment tersebut posisi bulan sangat dekat dengan bumi sehingga terlihat begitu besar.

Selain dapat melihat fenomena supermoon, pada selang waktu yang tak begitu lama pemandangan berubah menjadi gerhana bulan total yang juga tak kalah menakjubkan. Fenomena unik dan langka ini bisa dilihat di hampir seluruh negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Segera cek harga kamar hotel di reservasi.com jika ingin berwisata dan jika beruntung Anda mungkin bisa berwisata sambil menikmati keindahan fenomena  lainnya yang mungkin terjadi.

● Fenomena tornado api
Sumber gambar: kompasiana.com
Jika biasanya tornado berupa pusaran angin yang sangat kuat, namun di beberapa negara sempat terjadi tornado tetapi berupa pusaran api. Tornado apu atau biasa disebut dengan fire whirls adalah tornado yang muncul di wilayah yang memiliki temperature udara sangat tinggi. Fenomena alam ini biasa terjadi saat terjadi kebakaran di daerah yang memiliki cuaca yang sangat panas seperti padang savanna yang sedang mengalami kekeringan panjang.

Ketika itu, udara yang lebih dingin dari daerah di sekitarnya berebut masuk mengisi udara yang kosong sehingga membuat angin bergerak dengan kecepatan tinggi. Tornado ini memiliki kekuatan yang sangat besar yang bisa menarik apapun yang ada di dekatnya dan membakar apapun yang dilintasinya. Fenomena ini sangat sulit diatasi. Satu satunya jalan adalah menunggu  semua udara habis tersedot dan pada akhirnya akan padam dengan sendirinya.

Demikianlah ulasan tentang fenomena unik yang pernah terjadi di dunia, berbagai fenomena unik tersebut membuktikan bahwa bumi ini tidak bisa diperkirakan dan kerap memberikan kejutan untuk penghuninya. Selain keindahan fenomena yang hanya ada sekejap saja, di dunia ini juga ada banyak tempat yang menyajikan pemandangan langka yang bisa dijumpai. Segera pesan tiket di situs tiket pesawat online murah untuk mengunjungi berbagai tempat menarik tersebut.

Posting Komentar