Cara Penggunaan Sunblock yang Aman Bagi Anak

Tahukah anda bahwa bayi yang berusia kurang dari 6 bulan harus dihindarkan dari sinar matahari langsung? Ketika pergi keluar rumah, bayi anda sebaiknya dipakaikan baju yang ringan dan menutupi seluruh lengan dan kakinya. Jangan lupa, pakaikan topi. Jika anda tidak bisa menghindarkan bayi anda dari sinar matahari langsung, anda bisa mengoleskan sedikit sunblock untuk anak pada kulit bayi anda yang terpapar sinar matahari, seperti tangan dan wajah. Oleskan saja tipis-tipis. 
Ilustrasi. Photoright: Andii Samperio / www.pixabay.com
Bila bayi saja sudah harus dilindungi dengan sunblock ketika terpapar matahari, maka anak-anak yang lebih besar juga harus menggunakan sumblock. Apalagi, anak-anak balita suka dengan aktivitas outdoor. Mereka suka berlarian di bawah terik matahari dan berenang-renang di pantai maupun kolam renang. 

Aplikasikan sunblock untuk anak yang aman ketika mereka berada di bawah panas sinar matahari. Untuk hasil terbaik, aplikasikan sunblock sekitar 15 sampai 30 menit sebelum mereka keluar rumah. Jangan lupa oleskan juga bagian telinga, tangan, kaki, bahu dan leher bagian belakang. Saat berenang, bagian tubuh yang terlindungi baju renang pun sebaiknya diolesi dengan sunblock untuk perlindungan menyeluruh. Untuk bagian bibir, gunakan lip balm untuk anak yang memiliki kadar SPF 30. 

Jangan Berhemat dalam Pengaplikasian Sunblock

Menurut dermatologis, pengaplikasian sunblock sebaiknya jangan tipis-tipis. Sebaliknya, aplikasikan lebih banyak pada bagian kulit yang terpapar matahari. Ini penting, agar terbentuk lapisan yang menyerupai lapisan kaca atau gelas pada kulit, sehingga sinar matahari tidak bisa menembus masuk ke dalam kulit. Juga, aplikasikan ulang sunblock pada anak setiap 2 jam. Untuk sunblock tahan air, diperkirakan daya tahannya sekitar 80 menit di dalam air. Bila anak anda berenang dan bermain air lebih dari rentang waktu tersebut, maka perlu pengaplikasian ulang sunblock.  

Semua anak memerlukan perlindungan sinar matahari tanpa memandang warna kulit mereka. Anak-anak yang memiliki warna kulit lebih gelap diyakini memiliki melanin lebih banyak yang bisa memberikan proteksi lebih pada kulit mereka. Melanin inilah yang akan mencegah kulit dari sunburn atau terbakar matahari. Namun, meski mengandung melanin, bukan berarti anak-anak tidak memerlukan sunblock. Akademi Dermatologi Amerika menyarankan anak-anak memakai SPF 30 atau lebih tinggi.

Posting Komentar