Investasi P2P Lending, Mobil, atau Rumah? Cek Dulu Untung Ruginya Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Memutuskan untuk membeli sebuah produk tidak selalu mudah.  Contoh saja jika Anda berpikir untuk membeli sebuah baju kaos dengan sebuah baju berkerah.  Itu bukanlah sebuah keputusan yang terlalu sulit, namun bagaimana jika harga kedua item itu sama dengan memilih untuk membeli rumah atau mobil sendiri?

Jika Anda adalah seorang profesional muda yang merupakan seorang pekerja keras maka akan tiba saatnya dimana Anda akan menuai hasil kerja keras Anda dan memutuskan dimanakah tempat untuk memporsikan uang Anda apalagi untuk melakukan investasi.
Ilustrasi. Photoright: Tumisu-148124 / pixabay.com
Untuk memilih antara mobil atau rumah tentulah bukan keputusan yang mudah untuk pertimbangkan.  Lalu, apakah Anda telah membuat pilihan dengan bijak? Atau sebenarnya adakah pilihan lain di luar dari kedua pilihan yang ada tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari kita analisa setiap pilihan yang ada di bawah ini:

Mobil Impian

Keuntungan
  • Mengingat fasilitas keadaan transportasi umum di negara kita yang masih sedikit berantakan, maka jika memiliki mobil sendiri akan memberi Anda kebebasan bergerak dan pergi dari satu tempat ke tempat lain, tanpa harus menghadapi antri dan keramaian transportasi umum, juga tindak kejahatan seperti penjambretan yang sering kali terjadi di kendaraan umum.
  • Memiliki mobil sendiri juga berarti Anda bisa menghilangkan masalah logistik setiap kali Anda berencana untuk bepergian secara ramai. Anda bisa menjemput kerabat, teman atau keluarga dan langsung menuju ke tempat tujuan, serta menikmati waktu Anda bersama dengan lebih berkualitas diiringi dengan bincang di perjalanan.
  • Mobil adalah sebuah simbol bahwa masyarakat memiliki kemampuan dibidang keuangan. Memiliki mobil berarti setidaknya Anda sudah memiliki kemampuan ekonomi tingkat menengah.  Apakah tanggapan orang sekitar Anda menjadi sesuatu yang penting bagi diri Anda?
Kekurangan
  • Jika membeli sebuah mobil, tentu tidak terlepas dari yang namanya asuransi mobil.  Selain asuransi mobil bea nya lumayan mahal, Anda juga akan mengeluarkan uang untuk biaya perawatan mobil dan perbaikan bulanan. Biaya-biaya ini tentunya wajib menjadi pertimbangan Anda saat akan membeli mobil.
  • Terkecuali jika Anda memiliki supir pribadi dan kesabaran untuk terjebak macet, mengendarai sendiri sebuah mobil akan membuat Anda terjebak macet, dan mungkin saja membuat Anda jadi kehilangan banyak waktu di tengah kemacetan.
  • Harga sebuah mobil beberapa waktu setelah Anda beli pastinya akan mengalami depresiasi dari waktu ke waktu. Jumlah uang yang Anda keluarkan pastinya akan berbeda dengan jumlah uang yang akan Anda terima ketika Anda berniat untuk menjual kembali mobil tersebut.
Rumah Impian

Kelebihan
  • Saat ini para profesional muda merasa sangat kesulitan untuk membeli rumah karena adanya kenaikan inflasi yang sangat luar biasa. Dengan membeli sebuah rumah berarti Anda mampu satu langkah di depan orang-orang yang berada disekitar Anda yang belum mampu secara finansial untuk membelinya.
  • Rumah yang Anda beli tentu akan menjadi hak milik Anda selamanya. Bukan itu saja, Anda juga bisa menyerahkannya kepada anak-anak Anda dan anak-anak masa depan mereka.
  • Tidak seperti mobil, harga rumah akan diapresiasi seiring berjalannya waktu. Sebuah properti yang Anda beli hari ini sudah sangat mungkin bisa dihargai lebih dari tiga kali lipat setelah selang jangka waktu beberapa tahun, jadi menjualnya berarti menguangkan sesuatu yang jauh lebih besar dari yang Anda beli sebelumnya.
Kekurangan

Saat membeli rumah, sangat penting bagi Anda untuk memilih developer yang dapat dipercaya dan sudah memiliki pengalaman. Developer yang baik akan membuat kawasan rumah di masa depan Anda menjadi nyaman untuk di tempati dengan pengembangan wilayah sekitarnya yang terus berkembang.

Di samping itu, harga rumah yang Anda beli juga pastinya akan naik lebih cepat jika developer terus melakukan pembangunan di wilayah sekitar dengan baik.

P2P Lending

Keuntungan

Jika membeli mobil berarti uang Anda akan mengalami yang namanya depresiasi, sedangkan membeli rumah berarti Anda harus menunggu beberapa waktu, maka melakukan investasi peer to peer lending akan membuat Anda menghasilkan penghasilan pasif atau passive income melalui keuntungan investasi dengan cepat. Jangka waktu keuntungan yang didapatkan biasa dihitung dalam skala pertahun.

Berbeda dengan mobil dan rumah yang membutuhkan modal yang besar, investasi p2p lending dapat Anda mulai hanya dengan modal Rp 100 ribu saja. 

Bunga efektif yang bisa di peroleh mulai dari 18% per tahun.  Dengan keuntungan yang didapatkan inilah, Anda dapat terus mengembangkan uang Anda kembali dengan efek bunga berbunga.
Membeli rumah sekaligus mobil impian sekaligus dari keuntungan investasi pastinya akan menjadi lebih mudah.

Kekurangan

Untuk masalah kerugian, sepertinya minim kerugian yang akan terjadi saat Anda menginvestasikan uang Anda melalui peer to peer lending, karena pastinya setiap UKM atau borrower yang mengajukan pinjaman pastinya telah mengalami seleksi yang ketat sebelumnya. Jadi, risiko untuk gagal bayar itu bisa di bilang sangat kecil sekali untuk terjadi dalam investasi jenis ini.

Demikian untuk artikel ini, semoga bisa memberikan Anda gambaran mengenai jenis instrument yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi. Salam sukses

Sumber : https://koinworks.com/blog/mobil-rumah-investasi-p2p-lending/

Posting Komentar