Rekomendasi Artikel

Kenapa Kamu Tetap Harus Belanja saat Harbolnas Sekalipun Tidak Butuh?

Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kadang-kadang belanja bisa bikin kita ketagihan. Itulah kiranya yang ser...

5 Tips Sukses Berjualan Saat Harbolnas Bukalapak

Hari belanja online nasional atau harbolnas menjadi salah satu moment yang paling ditunggu tidak hanya untuk konsumen yang suka melakukan belanja online namun juga ditunggu oleh para penjualnya. Banyak online shop yang berpartisipasi dalam harbolnas dan salah satunya adalah Bukalapak. Sebagai marketplace terpercaya yang memiliki lebih dari 2 juta penjual atau pelapak, mengikuti harbolnas memberikan keuntungan sendiri. Salah satu keuntungan yang akan diperoleh oleh para pelapak saat harbolnas Bukalapak berlangsung adalah peningkatan penjualan.
Harbolnas Bukalapak
Akan tetapi, karena di Bukalapak memiliki lebih dari 2 juta penjual, maka sebagai salah satu pelapak, mau tidak mau Anda harus melakukan strategi atau tata penjualan yang tepat sehingga Anda tidak kalah dengan penjual lainnya yang ada di Bukalapak. Terdapat 5 tips sukses dari Achmad Zacky yang merupakan CEO Bukalapak yang bisa membantu Anda untuk sukses berjualan di marketplace termasuk saat berlangsungnya harbolnas.

Pertama adalah know yourself. Sebelum Anda memulai berbisnis, cari tahu terlebih dahulu siapa Anda sebab hal tersebut dapat berguna untuk meningkatkan potensi berkembangnya toko Anda di Bukalapak. Dengan mengetahui potensi diri sendiri maka Anda bisa lebih menyukai dunia jual beli barang tersebut sehingga Anda dapat mengembangkan toko tersebut. Selain itu, mengetahui diri Anda sebenarnya, misalnya Anda penyuka fashion, Anda akan lebih mudah untuk mencari trend fashion apa yang sedang hits sehingga bisa sesegera mungkin menyediakan barang fashion yang dicari oleh konsumen tersebut. Hal itu menyebabkan konsumen tidak akan ragu untuk mengunjungi lapak Anda dan membeli barang dari toko Anda.

Kedua adalah know your products (ketahui produk Anda). Saat harbolnas Bukalapak, pembeli akan semakin jeli untuk menilai apakah barang yang dijual tersebut berkualitas dan sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga layak untuk dibeli atau tidak. Karena hal tersebut, maka Anda harus tahu produk Anda sehingga bisa menuliskan spesifikasi tersebut di deskripsi dan agar Anda bisa menjawab pertanyaan dari konsumen jika ada yang bertanya. Selain informasi produk tersebut, misalnya mengenai bahan apa yang digunakan dan berapa ukuran baju, ketahui juga mengenai promo yang akan Anda berikan karena ragu dalam menjelaskan promo produk Anda akan sangat berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli atau tidak.

Ketiga adalah know your customer (ketahui siapa konsumen Anda). Ada banyak jenis konsumen dan Anda harus tahu dengan pasti siapa saja yang menjadi konsumen atau pelanggan Anda karena hal tersebut bisa membantu untuk memaksimalkan penjualan lewat strategi bisnis yang akan diterapkan. Jika orang kantor yang cenderung berbelanja saat pagi-sore di jam kantor cenderung memilih penjual yang responsif walaupun harga barang lebih mahal sedangkan yang belanja online di malam hari cenderung memilih barang yang lebih murah dan tidak terlalu menomorsatukan kecepatan respons dari pelapak. Karena hal tersebut, ketahui jenis konsumen Anda agar Anda bisa melakukan tindakan yang tepat.

2 tips agar sukses berjualan di marketplace dari CEO Bukalapak dan bisa Anda terapkan saat harbolnas Bukalapak agar penjualan lebih maksimal adalah:
  • Know your competitor (cari tahu siapa saingan Anda). Ada banyak penjual di Bukalapak yang menjual barang yang sama dengan Anda dengan harga yang bisa sama bisa juga berbeda. Cari tahu kekurangan dan kelebihannya dan Anda bisa menentukan strategi yang tepat misalnya dalam menetapkan harga.
  • Own the market (menguasai pasar). Usahakan untuk selalu mendapatkan feedback positif agar semakin dipercaya konsumen dan pelanggan Anda akan semakin banyak.

Posting Komentar