Rekomendasi Artikel

Kenapa Kamu Tetap Harus Belanja saat Harbolnas Sekalipun Tidak Butuh?

Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kadang-kadang belanja bisa bikin kita ketagihan. Itulah kiranya yang ser...

3 Hal Penting Dalam Memilih Perumahan

Mencari hunian yang layak dan sesuai dengan kebutuhan sekarang ini memang tidak semudah membalikan telapak tangan, karena selain biayanya yang cukup mahal juga karena lokasi yang dibutuhkan. Apalagi bagi anda yang bekerja tentunya ingin memiliki rumah yang strategis dan dekat dengan tempat kerja anda, selain itu hunian yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Ada banyak perumahan modern sekarang ini yang memiliki banyak model dan juga tipenya, namun hal tersebut tentunya mesti anda riset terlebih dahulu. Riset pasar perumahan sekarang ini memang dibutuhkan untuk mencari jauh mana minat masyarakat terhadap perumahan, serta model dan desain mana yang sekarang ini sedang banyak diminati.
Photoright: Jlyne Hanback / www.pixabay.com
Ada banyak alasan orang untuk memilih perumahan dari pada membangun rumah sendiri, beberapa diantaranya yaitu karena perumahan biayanya bisa dicicil dengan menggunakan KPR, lokasi yang strategis, aman, serta lingkungan yang bersih. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih perumahan, diantaranya yaitu:

1. Status kepemilikan

Perlu sekali untuk diperhatikan, dimana anda mesti mengetahui  surat yang anda miliki. Pastikan surat tersebut adalah SHM atau surat hak milik bukan HGB atau hak guna bangunan. Karena dengan SHM tersebut anda memiliki status kepemilikan penuh beserta tanahnya dan mendapatkan ganti rugi jika terjadi sesuatu pada rumah yang anda huni. 

2. Bahan material yang digunakan

Setiap perumahan tentunya memiliki rincian tentang bahan yang digunakan. Biasanya developer memberitahukan terlebih dahulu kepada anda secara rinci bahan bangunan yang digunakan dan kelebihan bahan tersebut dibandingkan dengan bahan lainnya. namun di beberapa perumahan kapling sekarang ini, anda akan diberikan beberapa rincian model rumah beserta bahan yang akan digunakan, baru setelah itu rumah akan dibangun sesuai dengan selera anda. 

3. Fasilitas umum

Anda mesti memperhatikan tentang fasilitas umum yang ada di dekat atau di dalam perumahan yang akan anda pilih. Pastikan semua itu sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan sampai anda menyesal telah memilihnya karena alasan kurangnya fasilitas.

Nah itulah tiga hal penting yang harus anda perhatikan ketika melihat riset pasar perumahan. Semoga menjadi referensi bagi anda dalam menentukan rumah yang akan dihuni beserta keluarga.

Posting Komentar