Rekomendasi Artikel

Kenapa Kamu Tetap Harus Belanja saat Harbolnas Sekalipun Tidak Butuh?

Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kadang-kadang belanja bisa bikin kita ketagihan. Itulah kiranya yang ser...

2 Cara Mendapatkan Mesin Cuci Terbaik

Mesin cuci merupakan salah satu alat yang mendukung kegiatan sehari-hari kita, yaitu mencuci baju. Semakin berkembangnya mesin cuci, semakin kita sulit menentukan tipe mesin cuci yang cocok untuk kebutuhan kita. Selain itu, mesin cuci juga semakin banyak yang menjual dengan fitur unggul dan harga yang bersaing. Untuk itu, kamu perlu untuk menentukan mesin cuci yang tepat, agar mendapatkan mesin cuci terbaik!

1. Yang pertama adalah tentukan pilihan kamu berdasarkan jenis mesin cuci

Mesin cuci dapat kita bedakan berdasarkan jumlah tabungnya, yaitu mesin cuci dua tabung dan mesin cuci satu tabung. Perbedaan ini berpengaruh pada cara pengoperasiannya. Untuk mesin cuci dua tabung akan dioperasikan secara semi otomatis, sedangkan mesin cuci satu tabung mayoritas adalah otomatis. 
Ilustrasi. Photoright: Steve Buissinne / www.pixabay.com
Mesin cuci dua tabung memiliki dua tabung dengan fungsi yang berbeda. Tabung pertama yaitu tabung sebelah kiri, berfungsi untuk mencuci dan membilas pakaian. Untuk tabung kedua, sebelah kanan berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Untuk prosesnya, kamu perlu untuk memindahkan pakaian dari tabung kiri ke tabung kanan (semi otomatis). Walaupun kurang praktis, namun mesin cuci dua tabung ini lebih ramah di kantong kamu karena harganya yang lebih rendah!

Mesin cuci satu tabung memiliki satu tabung yang praktis dan mampu memproses pengeringan berlangsung di tabung yang sama, sehingga lebih praktis. Saat kamu memilih mesin cuci satu tabung, kamu akan dihadapkan pada top loading dan front loading. Dalam hal memilih posisi tabung, pertimbangkan kemampuan front loading lebih baik dalam mengeringkan pakaian, penghematan air , dan juga menjaga cucian untuk tetap dalam kondisi rapi. Namun, yang perlu kamu waspadai adalah daya cuci yang lebih rendah daripada top loading dan kurang maksimal dalam menghilangkan kotoran membandel dan bau.

Sedangkan untuk top loading memiliki lawan dari front loading, dimana hasil cucian lebih kusut karena pengeringan yang terlihat lebih jelas. Jenis mesin cuci ini kurang cocok untuk kamu yang sibuk, karena kamu perlu untuk menyetrika kembali pakaian setelah dicuci. Namun, jangan diragukan untuk membersihkan noda, karena mesin jenis ini sangat optimal, dan juga menjadi salah satu point plus dari top loading

2. Yang kedua adalah pemakain listrik dan air

Listrik dan air merupakan salah satu biaya komponen yang kadang membengkak karena mesin cuci yang digunakan memakan listrik yang cukup besar dan boros air. Wah, jangan sampai karena mencuci kamu malah jadi tekor nih. Karena itu, yuk pilih mesin cuci yang lebih ramah listrik dan air.

a. Listrik
Untuk mesin cuci yang memiliki pengering, biaya listrik bisa muncul dari jenis pengering yang dipakai. Jenis mesin cuci top loading dengan pengering tipe heater justru akan lebih banyak memakan daya listrik daripada jenis front loading. Kalau kamu ingin membeli mesin cuci tipe satu tabung, pastikan untuk memilih mesin cuci dengan fitur inverter. Inverter saat ini memang sedang menjadi fitur favorit yang dihadirkan para produsen mesin cuci, karena inverter memiliki fungsi menggerakkan motor untuk mengubah arus DC ke AC, sehingga penggunaan listriknya dapat dikelola dan lebih bisa ditekan.

b. Air
Mesin cuci dengan dua tabung lebih membutuhkan air yang lebih banyak daripada mesin cuci satu tabung. Namun, jika kamu ingin membeli mesin cuci dua tabung kamu dapat memilih tipe mesin cuci yang tipe volume air dapat diatur atau yang memiliki fitur untuk menghemat air. Untuk mesin cuci satu tabung, mesin cuci top loading lebih membutuhkan banyak air daripada front loading hal ini dikarenakan kekuatannya untuk merontokkan noda yang lebih maksimal. Namun, biaya air untuk mesin cuci front loading dapat lebih rendah karena proses kerjanya yang lebih sedikit dibandingkan dengan top loading.

Jadi, kira-kira kamu akan pilih mesin cuci terbaik versi apa nih?

Posting Komentar