Rekomendasi Artikel

Kenapa Kamu Tetap Harus Belanja saat Harbolnas Sekalipun Tidak Butuh?

Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kadang-kadang belanja bisa bikin kita ketagihan. Itulah kiranya yang ser...

Cara Untuk Wisata Keliling Indonesia Dengan Biaya Murah Dan Mengasyikkan

Apakah Anda suka jalan-jalan? Keliling ketempat wisata didalam maupun luar negeri? Tentu butuh rencana matang, khususnya terkait dengan anggaran dan kondisi kesehatan. Wisata keliling Indonesia tentu terasa menyenangkan, karena memang di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata indah yang sayang bila dilewatkan.
Ilustrasi. Photoright : Kanenori / www.pixabay.com 
Keliling Indonesia dengan biaya murah tentu terdengar mengasyikkan, ya, karena yang terbayang saat menyebut istilah wisata adalah biaya yang mahal. Tapi tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang mustahil, dengan beberapa cara yang bisa Anda coba. Berikut ini beberapa cara untuk wisata keliling Indonesia dengan biaya murah yang bisa Anda coba:

1. Hemat anggaran untuk makan

Tentu urusan perut tak bisa dikesampingkan saat melakukan wisata, tapi jangan sampai terlena dengan keinginan. Hitung baik-baik anggaran untuk makan, jangan turuti setiap keinginan. Cari tempat makan yang murah, di kaki lima misalnya, tidak perlu ke restoran atau rumah makan mahal.

2. Cari tempat menginap yang murah

Tempat menginap tidak kalah penting, tapi jangan pilih tempat menginap yang mahal, cukup yang murah saja. Misalnya ingin menginap di hotel, cukuplah yang bintang 3, meski fasilitas terbatas, tapi lebih penting anggaran wisata tercukupi daripada sekedar memenuhi keinginan untuk tidur ditempat yang mahal.

3. Pilih tempat wisata yang murah atau gratis

Kalau hanya menuruti kehendak, tentu tempat wisata mahal ada banyak di Indonesia. Tapi, coba cari tempat wisata yang murah atau bahkan gratis, karena masih banyak tempay wisata yang indah tanpaharus mengeluarkan biaya yang mahal.

4. Jangan banyak mengeluarkan anggaran untuk beli oleh-oleh

Sudah umum dijumpai bahwa oleh-oleh merupakan suatu yang lekat dengan pergi jalan-jalan, apalagi saat wisata. Tapi, kalau terpaksanya harus membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman, pilih yang terjangkau. Hitung budget yang ada, sesuaikan oleh-oleh dengan anggaran yang tersedia, jangan sampai kelewat mahal sehingga menjadikan anggaran menjadi membengkak.

5.  Jangan pergi sendirian

Bila ingin lebih irit, cobalah untuk pergi bersama keluarga atau teman, minimal bertiga. Apa hubungannya? Tentu akan lebih irit bila pengeluaran bisa ditanggung bersama, misalnya: penginapan, biaya transportasi, bahkan oleh-oleh pun juga dibeli secara patungan.

Demikian tadi beberapa cara wisata keliling Indonesia dengan biaya murah yang bisa Anda coba. Cara-cara diatas adalah tips yang saya peroleh dari tulisan di internet, barangkali masih ada cara lain, Anda bisa mencari informasi tambahan untuk melengkapi atau memungkinkan dengan kondisi Anda. Semoga Anda yang punya keinginan untuk dapat keliling Indonesia untuk menikmati keindahan tempat wisata bisa terwujud.

Posting Komentar