Rekomendasi Artikel

Kenapa Kamu Tetap Harus Belanja saat Harbolnas Sekalipun Tidak Butuh?

Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kadang-kadang belanja bisa bikin kita ketagihan. Itulah kiranya yang ser...

Cara Membuat Akun Facebook Sangat Mudah, Tapi Kini Pengguna Aktif Facebook Berkurang

Facebook adalah salah satu media sosial yang hampir semua orang di dunia memilikinya. Media sosial milik Mark Zuckerberg ini menjadi satu-satunya media sosial dengan pengikut terbanyak di dunia. Hampir setiap orang di dunia memiliki akun facebook. Lebih dari dua milyar penduduk dunia menjadi pengguna facebook. Indonesia menjadi negara pengguna facebook terbanyak keempat di dunia dan hampir seluruh penggunanya masih aktif. Cara membuat akun facebook yang mudah menjadi alasan banyaknya orang yang masih aktif menggunakan media sosial ini. Selain itu, banyaknya informasi dan fitur pertemanan yang ada di facebook menjadikan para penggunanya masih setia menggunakan akun sampai saat ini.
Facebook. Photoright: Simon Steinberger / www.pixabay.com
Namun berdasarkan hasil penelitian terbaru, pengguna facebook saat ini semakin menurun. Salah satunya akibat aturan baru yang diterapkan di Eropa tersebut tentang Perlindungan Data Umum (GDPR) yang berimbas pada jumlah pengguna aktif bulanan media sosial tersebut. Tercatat pengguna facebook berkurang sebanyak satu juta user. Di amerika sendiri juga tercatat pengguna facebook berkurang sebanyak 9,3%. Cara menghapus akun facebook juga tidak terlalu rumit. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengguna facebook semakin lama semakin berkurang.

1. Fitur Facebook yang Kompleks

Pada awal diluncurkannya facebook, ia hanya sebuah media sosial yang memiliki fitur berbagi status yang berupa text, foto, dan video. Namun seiring berjalannya waktu, facebook menambahkan berbagai macam fitur-fitur baru yang dianggap dapat memaksimalkan kebutuhan pengguna facebook dalam melakukan aktivitas. Penambahan fitur baru ini seperti gaming, video call, mengirim file/berkas, streaming, dan masih banyak fitur lainnya. Namun kenyataannya, fitur kompleks yang dimiliki facebook ini tidak dapat menyenangkan hati seluruh penggunanya. Fitur-fitur baru ini justru dianggap mengganggu dan membuat tidak nyaman dari segi pengguna. Terlalu banyak fitur mengakibatkan pengguna harus meneliti berbagai macam menu, terutama menu yang jarang mereka gunakan.  

2. Tampilan yang Tidak Nyaman

Melihat facebook versi dekstop, maka anda akan melihat kesemrawutan halaman facebook anda. Berbagai macam menu yang berupa ikon berjejer memanjang baik ari kiri ke kanan hingga atas ke bawah. Ada berbagai macam menu yang tidak anda butuhkan terlihat saling bermunculan. Tidak cukup sampai disitu saja, tampilan wall juga ikut semrawut. Postingan wall yang muncul tidak urut waktu kapan dibuatnya. Bisa saja status yang telah dibuat 3 jam yang lalu malah muncul pada wall paling atas. Tampilan yang terkesan acak-acakan ini sangat membuat pengguna tidak nyaman dalam beraktivitas di jejaring facebook.
Ilustrasi. Photoright: Coffee Bean / www.pixabay.com
3. Pilihan Sosial Media Baru

Munculnya sosial media baru dengan fitur-fitur yang lebih inovatif dan kekinian menjadi alasan beberapa orang mulai meninggalkan facebook dan beralih ke media sosial baru. Media sosial yang berbasis mobile seperti instagram, twitter, snapchat, dan lain sebagainya kini merajai jejaring sosial media. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi sekarang yang lebih maju yakni semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan smartphone. 

4. Pengguna Sudah Bosan

Dulu saat masa kejayaan facebook, hampir tiap menit kita melihat postingan status teman-teman kita di wall. Tetapi sekarang? Sudah sangat jarang kita melihat update dari orang-orang tersebut. Berkurangnya status bukan karena pengguna yang tidak aktif lagi dalam bersosial media, namun kenyataannya mereka lebih senang mengupdate status di media sosial mereka yang baru misalnya instagram dan berbagai macam media sosial lainnya. Migrasi pengguna sosial media ini dapat dikatakan jika pengguna sudah bosan dengan sosial media lama mereka.

Demikianlah beberapa alasan mengapa seseorang mulai meninggalkan facebook dan beralih ke media sosial lainnya. Masyarakat kini sudah tidak lagi mencari informasi tentang cara membuat akun facebook. Jika anda sudah bosan dengan media sosial facebook ini, informasi lebih lengkap mengenai cara menghapus akun facebook dapat anda lihat melalui situs buka lapak.

Posting Komentar