Apa itu Employee Self Service?

Apa itu ESS?

Employee Self Service atau layanan mandiri karyawan merupakan fitur yang tersedia dengan sebagian besar HRIS modern. ESS memungkinkan karyawan untuk mengurus berbagai tugas terkait sumber daya manusia dan pekerjaan yang seharusnya perlu diselesaikan oleh personel sumber daya manusia atau manajemen. Layanan mandiri karyawan dapat membantu banyak perusahaan menghemat jam kerja dan meningkatkan efisiensi. Namun, opsi tersebut mungkin tidak tepat untuk beberapa perusahaan.

Fitur Umum ESS

Sebagian besar sistem layanan mandiri karyawan memungkinkan karyawan untuk mengubah informasi pribadi seperti alamat, informasi kontak, dan informasi perbankan, meskipun persetujuan mungkin diperlukan. Beberapa sistem ESS juga memungkinkan karyawan untuk melihat informasi penjadwalan dan penggajian. Bahkan sistem swalayan yang paling mendasar umumnya memungkinkan karyawan untuk mengajukan permintaan cuti dan memungkinkan manajer untuk menyetujui permintaan ini.

Jika ada masalah yang tidak diijinkan oleh karyawan untuk diubah secara langsung menggunakan ESS, beberapa HRIS memungkinkan karyawan untuk berkorespondensi secara elektronik dengan departemen sumber daya manusia. Hal ini memungkinkan karyawan untuk mengirim pesan di luar jam kantor reguler, yang menghemat waktu dan kerumitan bagi karyawan dan profesional sumber daya manusia.

Manfaat Pendaftaran Terbuka

Beberapa perusahaan menemukan manfaat dalam menggunakan ESS untuk memungkinkan karyawan melakukan perubahan demi manfaat informasi selama pendaftaran terbuka atau ketika perubahan kehidupan telah terjadi. Banyak karyawan lebih suka metode ini, karena memungkinkan mereka untuk mengontrol informasi mereka sendiri. Metode ini juga mengalokasikan lebih banyak waktu untuk meneliti berbagai opsi manfaat tanpa tekanan waktu yang mungkin ada saat bekerja dengan profesional sumber daya manusia.

Para profesional sumber daya manusia, manajer, dan pengusaha biasanya menikmati opsi layanan mandiri pendaftaran terbuka. Waktu kerja dihemat untuk semua pihak dan gangguan yang terjadi pada pendaftaran terbuka bagi banyak perusahaan dihindari. Bergantung pada HRIS dan perusahaan asuransi, proses penerapan mungkin juga lebih sederhana dan informasi yang diberikan mungkin lebih teliti karena format interaktif.


Kerugian dari ESS

Kelemahan terbesar untuk berinvestasi dalam opsi ESS adalah jumlah waktu yang diperlukan yang diambil untuk memastikan bahwa setiap karyawan memahami cara menggunakan sistem. Proses peluncuran dapat menghabiskan biaya dan waktu dalam jumlah besar bagi perusahaan, sehingga mengambil sumber daya ini dari operasi reguler. ESS juga harus sering digunakan oleh karyawan agar perusahaan dapat melihat manfaat dari mengadopsi sistem.

Jika karyawan tidak sepenuhnya memahami cara menggunakan opsi Employee Self Service, itu dapat menciptakan kesenjangan komunikasi. Selain itu, beberapa karyawan dapat mencoba menggunakan sistem baru. Sementara yang lain menggunakan sistem yang lebih lama dan proses manual sebagai solusi, yang bahkan menghasilkan lebih banyak hambatan untuk proses. 

Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk menggunakan opsi Employee Self Service untuk tugas-tugas HR umum, penting untuk memastikan bahwa semua personil berada dalam misi yang sama dan siap untuk transisi sebelum bergerak maju. 

Oleh karena itu manfaatkan software HRIS, LinovHR yang menggunakan sistem Employee Self Service untuk mendukung produktivitas tim HR dan bisnis Anda.Selain itu dengan menggunakan fitur ESS ini, anda dapat melihat riwayat absensi kehadiran anda mengajukan izin, cuti dan sakit serta dapat mencatat dengan rinci mengenai tugas-tugas yang mereka lakukan per hari.

Karyawan juga dapat menerima informasi penting yang diumumkan oleh manajemen melalui fitur ESS ini, sehingga penyampaian informasi yang diberikan perusahaan bisa tersampaikan dengan efektif.

Posting Komentar