Masih SMA/SMK Tetapi Ingin Berpenghasilan? Coba 6 Pekerjaan Ini!

Untuk bisa bekerja dan mengejar karier, tidak selalu menunggu setelah lulus sarjana. Para pelajar pun bisa mengikuti pelatihan dan menghasilkan uang sendiri. Walaupun kamu masih pelajar, ternyata kamu juga bisa cari uang tambahan.
Ilustrasi. Image by StartupStockPhotos from Pixabay.com
Daripada waktumu terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak berguna, lebih baik gunakanlah waktumu untuk hal yang bermanfaat misalnya untuk usaha sampingan. Jika punya penghasilan sendiri, kamu tidak perlu lagi meminta uang saku pada orang tuamu. Berikut ini adalah lima pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan:

Usaha Sampingan Anak SMA/SMK

1. Jasa Pengetikan

Jika kamu mempunyai keterampilan untuk mengetik cepat, sebaiknya gunakanlah kesempatan ini. Jasa pengetikan per lembar biasanya dibayar sekitar Rp5.000,00 bahkan ada juga yang lebih. Jika kamu mempunyai tetangga anak kuliahan yang terlihat sangat sibuk, kamu bisa menawarkan jasa pengetikan makalah, skripsi, dan lainnya kepada dia. Kalau satu lembar saja bisa mendapat uang Rp5.000,00 tentu sangat lumayan kalau kamu mengerjakan sampai 50 lembar.

2. Operator di Warnet

Sekarang ini banyak sekali dijumpai warnet, bukan hanya ada di kota, tetapi juga ada di desa. Kalau kamu ingin mempunyai penghasilan sendiri, cobalah untuk menjadi seorang operator warnet yang berada dekat dengan rumahmu. Namun, jika sekolahmu sudah menerapkan sistem full day school, kamu bisa mengambil shift malam saja di warnet. 

Tidak apa-apa jika pekerjaan kamu mencoba untuk bekerja, asal tetap rajin belajar. Jangan sampai sekolahmu jadi keteteran karena pekerjaan jaga warnet ini. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik dan kamu juga bisa membaca buku saat di warnet tidak terlalu ramai pengunjung.

3. Online Shop

Kalau yang satu ini sedang booming saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang berpikiran untuk membuka olshop. Kalau kamu punya modal, kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller. Caranya sangat mudah, belilah produk di Lazada, BukaLapak, Shopee atau platform jual beli online lainnya. Jika kamu takut terkena tindak penipuan, mintalah bantuan gurumu atau kakakmu yang sudah terbiasa belanja online. Setelah barang-barang itu sampai, kamu tinggal menjualnya saja kepada teman-temanmu. 

Namun jika kamu tidak mempunyai modal, kamu juga bisa menjadi dropshipper di mana kamu menawarkan barang itu kepada temanmu dengan harga yang lebih mahal dari aslinya, kemudian saat ada temanmu yang mau membeli barang itu, kamu akan memesannya dari online shop barang itu dengan harga aslinya, kamu bisa mendapatkan untung dari situ.

4. Jasa Penginstalan Ulang

Semua komputer milik orang pasti suatu saat akan mengalami yang namanya kena virus walaupun sudah diberi anti virus. Kalau kamu pandai mengutak-atik komputer, atau kamu masuk jurusan TKJ, pasti kamu tahu cara menginstal ulang komputer. Pertama-tama tawarkan pada tetangga atau teman yang ada di sekitarmu. Jika dari satu komputer saja kamu bisa mendapatkan Rp 25.000,00, berapa uang yang bisa kamu dapatkan jika ada 10 laptop yang perlu kamu instal ulang?

5. Les Privat Anak SD

Setiap hari Sabtu dan Minggu kamu punya hari libur. Peluang usaha dari hari liburmu itu untuk memberikan les privat. Selain mendapatkan uang, kamu juga akan bisa mengulang kembali pelajaran yang telah kamu pelajari dulu. Siapa tahu pelajaran dasar sewaktu di SD bisa kembali bermanfaat untuk kamu, dan tentunya kamu akan mendapatkan tambahan uang jajan dari usahamu sendiri.

6. Jasa Membuat PPT

Untuk anak SMA/SMK, pasti banyak tugas dari guru yang diharuskan untuk membuat sebuah PPT. Terkadang ada saja teman yang malas membuat PPT atau mungkin juga tidak terlalu bisa membuatnya. Jika kamu pandai membuat PPT, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan PPT ini kepada kawan-kawanmu, buatlah PPT sesuai dengan kebutuhan mereka dan yang menarik. Kamu bisa meminta bayaran Rp10.000,00 untuk setiap PPT yang kamu buat. Bukan berarti mengerjakan pekerjaan teman, kamu hanya membantu membuat PPT-nya saja, tentu untuk materi PPT temanmu harus mencarinya sendiri.

Itulah tadi 6 pekerjaan sampingan yang cocok dijalankan oleh pelajar SMA/SMK. Sebenarnya masih ada banyak lagi pekerjaan yang bisa kamu lakukan dan semua tergantung pada kemauan dan tekad mu sendiri untuk menghasilkan uang.

Posting Komentar