Ibu Hamil Lebih Sehat dengan Cara Berikut

Agar kesehatan ibu yang tengah hamil dan janinnya tetap terjaga, maka seorang ibu perlu berhati-hati. Karena, kesehatan tidak datang dengan sendirinya terlebih hanya dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil genio dari apotik terdekat saja. Lebih dari itu, ada beberap hal yang perlu dilakukan sang ibu hamil agar kesehatannya dan kesehatan janinnya bisa terjaga.
Ilustrasi. Image by tasha from Pixabay.com
Berikut ini beberapa diantaranya :

Konsumsi Makanan dengan Gizi seimbang

Untuk menjaga kesehatan ibu hami dan janin yang ada di dalam kandungannya, maka asupan nutrisi yang dikonsumsi sang ibu perlu diperhatikan betul. Sebab asupan nutrisi yang masuk ke dalam perut sang ibu akan dirasakan juga oleh janin yang ada di dalam kandungan. Dengan kata lain, saat sang ibu menjaga betul makanan yang dikonsumsinya, maka asupan nutrisi yang didapat oleh sang janin juga lebih terjaga.

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik bagi ibu hamil dan janinnya, maka sebaiknya seimbangkanlah konsumsi makanan sehari-hari. Selalu lengkapi makanan yang dikonsumsi dengan gizi terbaik seperti protein, karbohidrat, lemak hingga berbagai vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh. Menjaga keseimbangan nutrisi akan sangat membantu proses tumbuh kembang sang janin serta bisa membantu menjaga kesehatan sang ibu. Lengkapi juga asupan nutrisi dengan konsumsi susu agar sang janin bisa menjalani proses tumbuh dan berkembang secara optimal.

Hindari kafein dan alkohol

Menjaga nutrisi yang dimasukkan ke dalam perut sang ibu merupakan hal penting yang dilakukan oleh ibu hamil. Selain memberikan asupan nutrisi yang berkualitas dan seimbang, seorang ibu hamil juga perlu menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Kopi dan minuman beralkohol jadi dua jenis minuman yang perlu dihindari karena dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. 

Konsumsi kafein dan alkohol selama masa kehamilan dipercaya dapat menghambat proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu, risiko bayi terlahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental juga lebih tinggi jika kafein dan minuman beralkohol tidak dihindari selama masa kehamilan. Untuk itu, biasakan untuk hidup sehat dengan menghindari kedua jenis minuman tersebut agar sang ibu dan bayi dalam kandungannya bisa selamat.

Posting Komentar