Tips Bisnis Coffee Shop untuk Pemula

Dari dulu hingga sekarang kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer dan banyak peminatnya. Selain harganya yang terjangkau, kopi memiliki cita rasa yang khas. Bahkan ada sebagian orang yang tidak memiliki semangat jika belum mengkonsumsi kopi di pagi hari. Disisi lain kini semakin banyak orang yang suka nongkrong di warung kopi, sehingga tak heran jika kini juga banyak orang yang membuka bisnis Coffee Shop. 
Ilustrasi. Image by Free-Photos from Pixabay.com
Bagi Anda yang sedang mencari usaha sampingan dan peluang usaha yang menjanjikan, membuka bisnis coffee shop bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui tips-tips bisnis coffee shop untuk pemula, agar tahu bagaimana cara mengelola dan mengembangkannya. Selengkapnya berikut ini tipsnya.

Modal Bisnis

Ketika Anda berniat untuk memulai bisnis apapun itu, modal merupakan satu hal penting yang harus dipikirkan. Namun untuk membuka Coffee Shop modal yang dibutuhkan tergantung dari bagaimana model yang diinginkan. Maksudnya jika Anda membuka kedai kopi yang sederhana modal 1 juta pun cukup, tergantung bagaimana cara mengelolanya. Sebaliknya jika modern tentu saja modal yang dibutuhkan sangatlah banyak. Dalam hal ini anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Target Konsumen

Selain memikirkan modal dalam membuka usaha sampingan dan peluang usaha coffee shop, Anda harus memikirkan target yang cocok untuk bisnis tersebut. Selain itu Anda juga harus melakukan analisa kepada konsumen dan menyesuaikan harga dengan kelas konsumen. Untuk membuka coffee shop, pilihlah lokasi yang strategis dan buatlah desain yang sangat menarik, karena saat ini yang menjadi daya tarik konsumen ketika nongkrong tidak hanya kopinya namun juga desain dari coffee shop tersebut.

Mencari Supplier

Tips selanjutnya untuk bisnis coffee shop pemula yaitu mencari supplier yang sesuai dengan target konsumen. Misalnya target konsumen Anda adalah orang dari kelas menengah ke bawah, jadi carilah supplier di pasaran dengan harga terjangkau dan sebaliknya. Dalam hal ini penting sekali untuk mencari supplier kopi dengan harga yang cocok namun memberikan kualitas terbaik.

Konsep Bisnis

Buatlah konsep bisnis coffee shop yang kuat agar usaha sampingan dan peluang usaha bisnis ini tidak mendapatkan persaingan berat dari bisnis kopi lainnya. Memiliki konsep yang unik dan menarik juga penting untuk dilakukan agar konsumen bisa membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya. Karena perkembangan bisnis coffee shop tergantung dari konsep yang dibuat. Apalagi saat ini konsumen lebih tertarik dengan coffee shop dengan konsep yang unik dan cocok untuk dijadikan Spot foto.

Lokasi Bisnis

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika membuka bisnis khususnya bisnis kuliner yaitu lokasi. lokasi yang strategis sangat disarankan karena berkembang atau tidaknya bisnis tergantung dari lokasinya. Carilah lokasi coffee shop yang berdekatan dengan banyak orang seperti di dekat kampus, sekolah, kantor, mall dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan konsep Cafe, namun target konsumen Anda adalah orang menengah ke bawah Anda bisa membuat konsep Coffee Shop yang sederhana. Selain memperhatikan lokasi, Anda juga harus memberikan fasilitas pendukung yang bisa membuat konsumen kembali lagi. Salah satunya yaitu fasilitas wi-fi, tempat duduk yang nyaman dan hidangan yang unik.

Promosi Bisnis

Tips yang terakhir yaitu lakukan promosi agar coffe shop yang Anda buka bisa terkenal di masyarakat secara luas. Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk promosi bisnis, baik secara terus terang kepada masyarakat sekitar atau melalui media sosial. Selain itu kini juga ada cara promosi yang paling banyak digunakan untuk menarik perhatian konsumen yaitu memberikan diskon di hari-hari khusus seperti ulang tahun, hari natal, lebaran dan lain sebagainya. Dalam menjalankan bisnis coffee shop, jangan hanya terfokus untuk mencari banyak keuntungan. Agar eksistensi kedai kopi bisa bertahan, tetap lakukan inovasi baru. Hal ini bertujuan agar bisnis tetap berjalan dan diminati banyak orang.

Itulah tips bisnis coffee shop untuk pemula yang perlu diperhatikan. Bisnis ini bisa digunakan sebagai usaha sampingan dan peluang usaha yang menjanjikan, apalagi saat ini peminat coffee shop sangat banyak. Untuk itu terapkan beberapa tips tersebut agar bisnis coffee shop yang Anda jalankan bisa berkembang dengan baik.

Posting Komentar