Tips Merawat Genset Agar Tetap Aman dan Tahan Lama

Generator set merupakan perangkat kelistrikan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan industri berskala besar untuk memasok kebutuhan listrik mereka. Generator listrik dibutuhkan baik sebagai pemasok listrik utama, pemasok listrik tambahan ataupun sebagai cadangan backup apabila terjadi masalah dari pasokan listrik utama. Untuk mendapatkan pasokan listrik maka banyak industri yang memilih untuk sewa genset di Sewatama

Image: www.sewatama.com

Panduan Perawatan Genset untuk Memastikannya Tetap Aman

Penggunaan generator set tentu tidaklah boleh sembarangan. Sebagai salah satu peralatan kelistrikan, generator set sangat rawan mengalami konsleting yang tentunya membahayakan orang di sekitarnya. Berikut adalah panduan perawatan genset yang aman:

1. Penempatan di Tempat dengan Sirkulasi Udara Baik

Sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa generator set diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara cukup baik. Pasalnya, generator set ketika bekerja akan menghasilkan emisi atau gas buang yang berbahaya jika tertampung dalam ruangan tertutup. Berada di ruangan dengan sirkulasi uadara baik akan membuat gas buang dari genset mengalir ke luar dan tidak meracuni orang di dalam ruangan.

2. Komponen Suku Cadang yang Aus Harus Segera Diganti

Jangan menunggu-nunggu untuk mengganti suku cadang genset yang sudah aus dengan yang baru. Setiap genset yang sudah digunakan dalam waktu lama tentu akan membuat suku cadangnya aus termakan waktu. Alhasi, generator set tidak dapat bekerja secara maksimal dan mudah rusak. Membiarkan generator set untuk tetap bekerja meski suku cadang sudah aus akan membuat genset rusak keseluruhan dan memakan lebih banyak biaya.

Anda bisa menjadwalkan secara rutin pemeriksaan komponen genset untuk mengetahui komponen apa saja yang harus diganti. Terkait jadwal maintenance sendiri biasanya sudah ada dalam buku panduan yang dikeluarkan pabrikan.

Selama lebih dari 27 tahun PT Sumberdaya Sewatama hadir menyediakan solusi pembangkitan listrik dengan kapasitas bervariasi mulai dari 100 kVA sampai 2000 kVA. Sebagai perusahaan yang memfokuskan perannya dalam industri kelistrikan, PT Sumberdaya Sewatama terus berinovasi dan meningkatkan keterjangkauan layanannya hingga ke berbagai pelosok negeri. Reputasi Sewatama dalam menghadirkan solusi kelistrikan negeri sudah tidak dapat diragukan lagi.

Posting Komentar