Cara Bekerja Sistem Dewatering

Dewatering bisa diartikan sebagai proses pengeringan yang disengaja, pekerjaan sipil yang bertujuan untuk mengendalikan air (air tanah atau permukaan) agar tidak menghambat proyek konstruksi.

Dewatering dilakukan khususnya untuk pelaksanaan pekerjaan bagian struktur yang ada di dalam tanah dan di bawah muka air tanah. Tujuan dilakukan dewatering adalah untuk menjaga kestabilan lereng galian dan menjaga area galian proyek tetap kering selama proses penyelesaian pekerjaan konstruksi.

Ilustrasi. Image by RitaE from Pixabay.com
Dewatering juga dapat memberi manfaat lebih luas seperti memperbaiki kestabilan tanah, mencegah pengembungan tanah, mencegah perembesan, mencegah sand boil, dan mencegah erosi. Terutama pada perusahaan pertambangan, biasanya perusahaan akan lebih memilih menggunakan Jasa dewatering tambang yang profesional dan mengerti cara kerja dengan baik, dan apa saja dampak yang di timbulkan. Tentunya PT Sewatama yang memiliki Power Service Solution mempunyai para pekerja yang profesional sampai dengan alat mesin dengan kualitas terbaik.

Ada dua hal yang pada dasarnya perlu diketahui mengenai air tanah atau air permukaan yang memengaruhi pelaksanaan pekerjaan proyek sebuah bangunan yaitu, bagaimana air tersebut bergerak di dalam tanah sekitar bangunan tersebut dan bagaimana pengaruh air tersebut terhadap tanah di sekitarnya. Dengan mempelajari dua faktor tersebut maka bisa diusahakan dapat memperlancar pekerjaan konstruksi.

Dewatering Open Pumping

Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan yang ada dilapangan. Pada lubang galian akan dibuatkan sebuah galian lagi (kolektor) yang berfungsi untuk menampung debit air hujan ataupun rembesan dari tepi galian.

Dari kolektor itu maka akan langsung disedot oleh pompa yang sudah disiapkan dan air akan dibuang melalui selokan untuk menuju gorong-gorong. Metode ini sangat cocok digunakan pada jenis tanah padat, berkohesi dan bergradasi baik.

Dewatering Predrainage

Dewatering Predrainage adalah dengan cara muka air tanah di daerah galian diturunkan sampai di bawah elevasi rencana dasar galian. Pada pemilihan sistem ini harus memperhatikan ketersedian saluran drainase untuk membuang air yang cukup banyak dalam permenitnya. 

Well point akan di bor hingga kedalaman 1 meter dibawah elevasi dasar galian. Instalasi pipa harus dipasangkan dengan kuat agar tidak terjadi kebocoran dan dapat menggangu efektifitas kerja pompa, pada pipa dapat dipasangkan dengan jaring agar butir kasar pada tanah tidak ikut tersedot.

Dewatering Cut Off

Prinsip dewatering metode Cut Off dengan cara membuat galian pada tanah lalu mengurung Dalian tersebut dengan dinding agar air tidak terjadi rembesan pada galian tersebut. Metode ini paling untuk digunakan pada proses dewatering karena tidak akan terjadi penurunan muka air tanah.

Dinding pada galian akan dikelilingi dengan sheet pile yang berfungsi untuk memotong aliran air tanah dan sebagai dinding penahan tanah agar tidak runtuh. Selain menggunakan sheet pile, bisa menggunakan metode secant pile, slurry trenches dan concrete diaphragm wall.

Posting Komentar