Struktur Organisasi Mayora Beserta Tugas dan Fungsinya

"Satu lagi dari Mayora….." demikian sebut pengisi suara dalam iklan produk Mayora. Sudah pernah dengar, bukan? Ya, PT. Mayora Indah Tbk. adalah perseroan yang didirikan pada tahun 1977, lokasi pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target pasar wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

PT. Mayora Indah. Sumber: mayoraindah.co.id

Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk. telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah:

  1. “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money
  2. “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa 
  3. “Top 100 public listed companies” dari majalah Investor Indonesia
  4. “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia
  5. “Best Listed Company” dari Berita Satu
  6. “Indonesia’s Corporate Secretary Award, Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector” dari Warta Ekonomi.

Pada bagan Struktur organisasi Mayora Indah dibawah ini jelas tergambar peranan dan fungsi setiap manajemen dalam pengelolaan perusahaan, Dewan direksi yang mengelola perseroan ini. 

Struktur Organisasi Mayora

Untuk lebih jelasnya mengenai Struktur Organisasi Mayora Indah Tbk Indonesia, berikut singkat saya uraikan:

1. Dewan Komisaris

Dewan komisaris emegang kendali paling tinggi, bertanggungjawab memberikan saran pada direksi dalam pengelolaan perusahaan, termasuk diantaranya perencanaan dan pengembangan operasional serta penganggaran, kepatuhan dan tata kelola perusahaan. Hal yang tidak kalah penting adalah penerapan keputusan dalam RUPST.

Dalam menjalankan peran dan fungsinya Dewan Komisaris dibantu oleh seorang sekretris dan internal audit dalam memastikan kepatuhan pada peraturan Bapepam-LK dan SEC serta peraturan relevan lainnya. 

2. Audit Committee atau Komite Audit

Tugas dari komite audit adalah untuk mengawasi pekerjaan dari dewan komisaris serta memastikan sitem pengendalian internal perusahaan berjalan dengan baik dan efektif. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan perusahaan.

3. Direksi

Tanggungjawab dari direksi adalah mengurus perseroan, mewakili perseroan, baik untuk urusan dalam ataupun luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar. Dalam menjalankan tugasnya biasanya Direksi dibantu oleh kepala divis atau kepala unit organisasi serta staf ahli direksi yang terdiri dari staf ahli utama dan pratama. Direksi ini pun dibagi dalam beberapa bagian yang mempunyai tanggungjawab pada masing-masing bidang tugasnya. Beberapa bagian direksi diantaranya direktur utama, direktur pemasaran, direktur umum personalia, direktur pengembangan produk, bawahan direktur pengembangan produk (manajer teknik, manajer laboratorium, staff project), dan direktur keuangan. 

Tahun operasi perusahaan yang sudah lebih dari empat dekade menjadikan bukti bahwa Mayora terus maju dan berkembang. Produk yang dihasilkan pun terus mengalami kemajuan, inovasi dilakukan demi memanjakan konsumen. Apalagi saat ini produk-produk Mayora sudah tersebar di 5 benua.

Posting Komentar