Mengenal Tremor Dari Membaca Artikel di SehatQ.com

Saya kira kita pernah melihat orang yang belum begitu tua mengalami gangguan pada indra mereka, misalkan pada tangan yang terasa bergetar sendiri tanpa bisa dikendalikan. Teman saya yang masih muda saja sudah mengalami hal ini. Secara medis mungkin hal ini yang dinamakan dengan tremor. Ditempat saya orang menyebut tremor dengan istilah buyuten, mungkin karena belum tahu istilah medis untuk hal seperti ini, istilah ini mengacu pada sebutan eyang buyut, mungkin karena biasanya yang bergetar adalah tangan layaknya orang tua.

Ilustrasi. Image by Pexels from Pixabay.com

Dari apa yang saya baca di website www.sehatQ.com, tremor adalah gerakan bergetar atau gemetar yang tidak disengaja di satu atau lebih bagian tubuh dan tidak dapat dikendalikan. Biasanya yang sering terjadi adalah gerakan di tangan. Meskipun demikian, tremor juga dapat terjadi di kepala, wajah, pita suara, tungkai, dan kaki. Bila mengacu pada pengertian ini, saya menyimpulkan bahwa tetangga saya ada yang sering menggelengkan kepala secara spontan mungkin saja juga kena tremor.

Walaupun pada umumnya terjadi pada orang diatas usia 40 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada semua usia. Tremor tidak tergolong kondisi berbahaya, akan tetapi bisa memburuk dari waktu ke waktu bila tidak segera ditangani. Tremor yang tergolong sudah dalam keadaan parah bisa terjadi kapan saja. Bila sudah demikian, keadaan terburuk adalah bisa mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya serta mempersulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab tremor? Hal yang menyebabkan tremor adalah masalah di bagian otak yang mengontrol otot tubuh. Selain itu, timbulnya tremor juga bisa dipicu oleh penyakit medis lainnya, misalnya: penyakit Parkinson, Dystonia (gangguan yang menyebabkan otot bergerak sendiri tanpa sadar), multiple sclerosis, stroke, cedera otak traumatis, konsumsi alkohol, obat-obatan tertentu, tumor otak, stres dan gangguan kecemasan.

Hal yang mungkin perlu diketahui adalah tentang kondisi tremor, dimana tremor yang tidak disebabkan karena penyakit lain termasuk kondisi yang tidak dapat dicegah. Apabila keluhan masih ringan, penderita tak perlu melakukan perawatan, namun bila dirasa sudah berat dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka perlu dilakukan perawatan. Untuk perawatan yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Dengan konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan yang dipakai diantaranya Beta-blocker, obat anti kejang, obat penenang golongan benzodiazepine, dan suntikan OnabotulinumtoxinA.
  • Melakukan terapi fisik. Untuk terapi metode ini biasanya terapis mengajarkan latihan untuk meningkatkan kekuatan, kontrol, dan koordinasi otot Anda.
  • Dengan tindakan operasi. Menjadi alternatif bila tremor sangat melumpuhkan dan penggunaan obat tidak meredakan tremor. 
Dari tiga metode perawatan diatas, perawatan dengan tindakan operasi mungkin menjadi alternatif yang terkesan paling menakutkan. Tindakan pembedahan menjadi pilihan bila tremor dirasa sangat melumpuhkan dan perawatan menggunakan obat-obatan tidak mampu meredakan. 

Perlu diperhatikan bahwa apapun kondisinya, bila sudah mengalami gejala atau saat ini sudah mengalami keluhan yang cukup mengganggu, alangkah baiknya segera berkonsultasi pada dokter. Jangan sampai terjadi hal yang buruk akibat dampak dari menderita tremor. Bagi orang awam, seperti saya singgung dalam awal tulisan ini, tangan yang bergetar, kepala yang menggeleng dengan spontan, dianggap biasa saja. Padahal bila tidak segera ditangani bisa berakibat kurang baik.

Nah, dengan sedikit informasi yang saya sampaikan ini semoga bisa menambah wawasan kita semua mengenai jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang bernama tremor. Apabila Anda ingin mencari referensi lebih banyak mengenai tremor bisa mengunjungi langsung website www.sehatQ.com, ada penjelasan lebih jauh mengenai gangguan kesehatan ini. Selain itu, ada banyak artikel bermanfaat disana, bukan hanya mengenai tremor saja, tapi juga pembahasan mengenai info penyakit dan artikel kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa diberikan kesehatan.

Posting Komentar